Ketahui Penyebab Anda Sering Mengantuk di Pagi Hari

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ngantuk
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Meski sudah merasa tidur cukup di malam hari, tak sedikit orang bangun dalam keadaan masih mengantuk di pagi hari. Kantuk yang datang di pagi hari pun terkadang dibarengi dengan rasa lelah. Alhasil, hal ini membuat Anda menjadi tidak produktif dan lebih memilih untuk menghabiskan waktu di atas atas kasur.

Sebenarnya ada sejumlah faktor yang bisa membuat Anda mengantuk di pagi hari. Melansir laman sehatQ, berikut ini beberap hal yang menjadi penyebab rasa kantuk datang di pagi hari.

Sleep inertia

Sleep inertia adalah bangun dalam keadaan kurang sadar meski telah tidur cukup. Ini adalah kondisi yang normal terjadi ketika bangun tidur. Namun jika tidak mampu mengatasi sleep inertia, Anda akan tertidur kembali. Biasa terjadi dalam waktu 15 hingga 60 menit, kondisi ini juga membuat keterampilan motorik dan kognitif Anda melambat. Karenanya, Anda terkadang merasa malas untuk melakukan apa pun ketika baru bangun.

Higienitas tidur buruk

Higienitas tidur merupakan kebiasaan yang diperlukan untuk mendapat kualitas tidur yang baik. Sedangkan higienitas yang buruk akan membuat tidur menjadi kurang berkualitas. Contohnya adalah waktu tidur tidak teratur, tidur siang lebih dari 30 menit, terlalu lama menatap layar, kamar panas dan terang, hingga kondisi kasur yang tidak nyaman.

Gaya hidup yang tidak sehat

Menerapkan gaya hidup sehat akan membuat tidur Anda lebih berkualitas. Sebagai contoh, berolahraga secara teratur tiap hari dapat membuat tidur malam lebih nyenyak. Namun hindari olahraga berat jelang tidur agar mata Anda tidak terjaga semalaman.

Gangguan tidur

Gangguan tidur seperti sleep apnea membuat Anda mengantuk di pagi hari karena mengurangi kualitas tidur. Sleep apnea menyebabkan adanya jeda napas secara berkala selama tidur.

Selain sleep apnea, ada juga insomnia yang membuat Anda sering terbangun maupun kesulitan untuk tidur. Sejumlah dampak yang ditimbulkan insomnia di antaranya sulit untuk jatuh tertidur, sering terbangun sepanjang malam, bangun terlalu awal dan sulit tidur kembali, dan merasa lelah ketika bangun.

Masalah psikologis

Salah satu masalah psikologis yang paling sering dialami dan mengganggu kualitas tidur adalah kecemasan. Selain memengaruhi kualitas dan hasrat untuk tidur, masalah ini tak jarang membuat Anda merasa lelah sepanjang hari.

Populer video

Berita lainnya