Tips Berpikir Positif untuk Meningkatkan Produktivitas

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Positive Thinking
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Produktivitas merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan. Sebab, semakin optimal produktivitas yang dimiliki seseorang, tentu hasil yang akan dicapai akan minim kesalahan. Namun produktivitas setiap orang bervariasi dan berfluktuasi. Hal ini dapat dipengaruhi oleh banyak hal seperti perasaan atau suasana hati seseorang.

Karenanya, perasaan atau suasana hati perlu senantiasa dijaga, salah satunya dengan berpikiran positif. Melansir laman halodoc, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas untuk pekerjaan atau aktivitas lainnya.

Fokus pada hal positif

Situasi dan rintangan yang menantang memang selalu menjadi bagian dari kehidupan. Ketika sedang menghadapinya, fokuslah pada hal-hal baik yang dimiliki atau akan terjadi, tanpa mempedulikan dampaknya pada kehidupan. Sebab, selalu ada hikmah ketika menghadapi sesuatu yang membuatmu kewalahan. Pastikan juga untuk selalu fokus dan mencari hal-hal positif pada setiap tantangan yang dihadapi.

Lakukan self talk

Meski hal ini tidak terdengar di telinga dan tidak diucapkan secara langsung, tapi self talk dapat memengaruhi pikiran, perilaku, dan perasaan, apabila dilakukan secara positif. Sebab, kebanyakan orang cenderung keras dan menjadi kritikus terburuk terhadap dirinya sendiri. Khususnya ketika menghadapi masalah atau tantangan yang diberikan dalam aktivitas sehari-hari.

Hentikan penggunaan perangkat elektronik

Selain fokus pada hal positif dan melakukan self talk, pastikan juga untuk menghentikan penggunaan perangkat elektronik sementara waktu. Pasalnya, terus-menerus mencari berita atau gosip terbaru justru malah berpotensi membuat suasana hati dan pikiran semakin kacau. Hal ini dikarenakan oleh beberapa berita dapat berdampak secara negatif pada ketenangan, sehingga menghambat produktivitas.

Cobalah untuk tidak selalu menggunakan perangkat elektronik seperti smartphone pada sementara waktu. Jika sedang bekerja, fokuslah pada tanggung jawab yang dilimpahkan, daripada senantiasa ingin mengetahui segala peristiwa.

Populer video

Berita lainnya