Simak Manfaat Minyak Aromaterapi untuk Kesehatan Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Minyak Esensial
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Aromaterapi merupakan salah satu cara pemakaian minyak alami dari ekstrak tanaman tertentu, untuk membantu meningkatkan kesehatan baik fisik atau psikis. Sejumlah studi menyebutkan, beberapa jenis minyak esensial telah terbukti memberikan efek positif untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Melansir laman halodoc, simak manfaat minyak aromaterapi untuk kesehatan tubuh.

Relaksasi

Manfaat aromaterapi paling utama yaitu membantu relaksasi. Beberapa jenisnya, termasuk chamomile dan lavender membantu memberikan efek menenangkan ketika kamu sedang merasa stres atau cemas berlebihan. Aroma yang dikeluarkan diyakini tak hanya memberikan efek relaksasi, tetapi juga dapat mengontrol sistem saraf simpatis.

Membuat tidur lebih berkualitas

Minyak aromaterapi juga diyakini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Seseorang yang memiliki kondisi seperti cemas, sindrom kaki gelisah, dan insomnia serta gatal pada malam hari, dapat memanfaatkan minyak aromaterapi untuk membuat tidur lebih nyenyak.

Obat gangguan pernapasan

Beberapa jenis minyak aromaterapi juga memiliki efek antiseptik yang bisa membantu membersihkan udara dari paparan jamur, kuman, dan bakteri. Mikroorganisme ini dipercaya berperan dalam masalah pernapasan, termasuk bersin, batuk, dan hidung tersumbat.

Meredakan peradangan dan nyeri

Guna membantu meringankan rasa nyeri pada sendi, jaringan yang meradang, atau otot tegang, Anda bisa menggunakan minyak aromaterapi dari gabungan kunyit, jahe dan jeruk. Sementara untuk keluhan sakit kepala bisa dikurangi dengan menggunakan minyak aromaterapi yang mengandung aroma rosemary, spearmint, dan daun mint.

Mengurangi mual

Minyak aromaterapi yang memiliki kandungan daun mint, chamomile, jahe, lemon, eukaliptus, dan anggur bisa membantu meringankan gejala yang berhubungan dengan gangguan saluran pencernaan. Minyak aromaterapi dari jahe dan kunyit memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi erosi, nekrosis, dan perdarahan yang terjadi pada dinding lambung. Selanjutnya, hal ini akan secara drastis mengurangi rasa nyeri pada perut.

Populer video

Berita lainnya