Ini Manfaat Bernostalgia bagi Kesehatan Mental

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Nostalgia
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin Anda termasuk orang yang lebih senang mendengarkan lagu-lagu lawas ketimbang musik-musik Kekinian. Terlebih jika Anda anak generasi 90-an. Bernostalgia mendengarkan lagu lama memang sangat menyenangkan. Bukan hanya menyenangkan, ternyata, bernostalgia dengan lagu-lagu lama dapat bermanfaat untuk kesehatan mental, lho.

Lain halnya pada masa perang dimana nostalgia dianggap sebagai gangguan kesehatan mental. Pasalnya, karena kerinduan saat bernostalgia dianggap dapat menurunkan semangat hidup. Namun dalam perkembangannya, nostalgia tidak lagi berkonotasi negatif, tetapi juga membangun psikologi positif. Melansir laman halodoc, berikut manfaat nostalgia untuk kesehatan mental.

Membangun semangat

Dengan bernostalgia seseorang bisa melakukan perenungan tentang apa saja yang sudah ia lalui sehingga bisa berada di posisi yang sekarang. Hal ini akan memberikan semangat dan keyakinan bahwasannya Anda ternyata setangguh itu karena berhasil melalui banyak hal.

Belajar dari kesalahan

Waktu akan membuat seseorang menjadi lebih bijaksana. Mengingat masa lalu, tentang kesalahan apa yang sudah pernah dilakukan sebelumnya, akan membuat seseorang lebih bijaksana dalam mengambil keputusan di masa sekarang.

Kenangan manis yang memberikan kebahagiaan

Pernahkah tertawa saat mendengarkan suatu lagu karena tiba-tiba teringat dengan suatu kejadian di masa lalu? Atau saat melihat album foto di mana orang tuamu menggendong kamu di perayaan ulang tahun, dan sejenak hatimu menghangat karena memori dulu? Kenangan manis ini memberikan sejumput kebahagiaan karena kenangan menyenangkan di masa lalu yang kamu ingat kembali.

Populer video

Berita lainnya