Mengenal Sosok Ustaz Sejuta Talenta, Mayor TNI Dr. Azhari, M.H

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ustaz Mayor TNI Dr Azhari
DOK.Celebrithink

Celebrithink.com – Jika selama ini pendakwah dekat dengan lagu-lagu yang bertemakan Islami, lain halnya dengan Ustaz Azhari. Pria yang memiliki latarbelakang militer dan berpangkat Mayor ini justru sangat suka menyanyikan lagu-lagu daerah, terutama lagu-lagu Ambon, Maluku. Ia sering menjadikan aksi menyanyinya, sebagai syiar dalam mengenalkan kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia.

Berlatarbelakang militer, bergelar Doktor, menjadi dosen, berkiprah sebagai pendakwah, siapa sangka Ustaz Azhari juga piawai dalam bidang seni qiraah. Sejak kecil Ustaz Azhari sudah menekuni seni membaca Alquran tersebut. Tak jarang ia kerap dijuluki Ustaz berjuta talent mengingat segudang bakat yang dimilikinya. Bahkan, seni qiraah lah yang mengantarkannya menjadi perwira.

“Awalnya qori nasional. Saya pun masuk perwira dari qori nasional, dari talent memang. Saya sampai tingkat nasional dan mewakili daerah. Dari waktu ke waktu saya pun terjun ke dunia dakwah. Karena tidak semua qori itu bisa dakwah dan penceramah tidak semuanya bisa qori. Nah biasanya kan ustaz itu lagu-lagu religi, kalau saya lagu-lagu Ambon, Maluku,” ujar Mayor TNI Dr. Azhari, M.H di Kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat, Kamis (22/9).

“Lagu yang saya bawakan juga dakwah. Kayak lagu Ambon, itu kan membicarakan tentang pantai, keindahan alam. Jadi kita mendakwahkan keindahan alam Indonesia itu ternyata kaya. Kaya akan alam, kaya dengan budayanya,” sambungnya.

Aksi Ustaz Azhari Menyanyikan Lagu-lagu daerah Ambon

Bukan tanpa alasan Ustaz Azhari jatuh hati pada lagu-lagu daerah Ambon. Selain keindahan alamnya yang sudah diakui banyak orang, ada kedekatan emosional atara sang Ustaz dengan Ambon. Saat dilantik sebagai Letnan Dua, ia ditugaskan di ibukota provinsi Maluku tersebut.

“Jatuh cinta banget sama Maluku. Apalagi pernah dinas di sana, kemudian punya keluarga dekat, sampai punya orang tua angkat di sana. Jadi saya bangga membawakan lagu-lagu Ambon. Dan memang yang paling indah itu memang di daerah timur ya, pulaunya kecil-kecil. Jadi menggambarkan indahnya itu seperti lukisan, ya Allah indah banget,” ungkapnya.

Tidak hanya mengandalkan bakat yang ada, Ustaz Azhari mengasah vokalnya dan berguru dengan produser senior yang sudah menangani penyanyi kenamaan, seperti Iyeth Bustami, hingga grup band Lyla. Bahkan dalam waktu dekat, ia akan merilis lagu.

“Kita mau rekaman di AW Production. Insya Allah mohon doanya saya akan rilis dulu lagu nasyid. Mungkin setelah itu lagu-lagu daerah Maluku. Saya mencintai budaya Indonesia. Jadi nanti kita akan bawakan lagu Ambon, lagu Minang, lagu-lagu daerah. Jadi generasi milenial ini jangan sampai tidak tahu. karena banyak lagu-lagu daerah yang harus juga kita angkat,” pungkas Ustaz Azhari.

Populer video

Berita lainnya