Jangan Lakukan Hal-Hal Ini Setelah Berolahraga

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Olahraga
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sudah menjadi rahasia umum bahwasannya olahraga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan, masyarkat pun sudah menyadari akan pentingnya berolahraga. Hal itu terlihat dari banyaknya orang yang berkunjung ke pusat kebugaran atau lapangan olahraga setiap hari.

Agar manfaat olahraga bisa dirasakan secara optimal, tentunya harus dilakukan dengan baik dari sebelum hingga setelah selesai melakukannya. Namun nyatanya, tanpa disadari ada beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan orang setelah berolahraga. Melansir laman klikdokter, berikut ini hal-ha yang tidak boleh dilakukan setelah olahraga.

Tidak Melakukan Peregangan

Selain pendinginan, peregangan juga penting untuk dilakukan setelah olahraga. Peregangan berfungsi untuk melemaskan otot-otot yang dilatih dan terkontraksi saat olahraga. Tidak melakukan peregangan dengan baik setelah Anda melakukan aktivitas fisik dapat menyebabkan kram otot.

Tetap Mengenakan Pakaian yang Sama

Setelah berolahraga, tubuh akan memproduksi keringat dalam jumlah yang relatif banyak. Menggunakan pakaian yang sama menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilakukan setelah olahraga. Kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi jamur atau jerawat pada kulit.

Langsung Melakukan Aktivitas Berat Lain

Aktivitas yang menuntut kekuatan otot terlalu banyak, seperti naik tangga yang tinggi atau angkat barang berat segera setelah berolahraga, dapat membuat otot kelelahan atau bahkan cedera. Sangat penting untuk mengetahui batasan tubuh Anda. Terlebih jika sudah lama tidak berolahraga, sebaiknya hindariolahraga terlalu berat untuk menghindari terjadinya cedera.

Begadang

Begadang merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilakukan setelah olahraga. Sebab, waktu istirahat sangat diperlukan tubuh untuk memulai fase pembentukan otot dan pembakaran lemak.

Tidak Mengonsumsi Air dengan Cukup

Dengan mengonsumsi air secara cukup dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang karena keringat saat berolahraga. Dengan mengonsumsi cairan yang cukup Anda akan mencegah kondisi dehidrasi yang dapat timbul akibat kurangnya cairan. Sebaiknya penuhi kebutuhan cairan harian, yaitu sekitar dua liter dalam sehari.

Langsung Makan Berat

Berilah jarak antara selesai berolahraga dengan makan sekitar 20-30 menit. Langsung makan setelah olahraga, terutama dengan menu berat seperti nasi dan lauk, bisa menyebabkan gangguan pencernaan, misal kram perut atau sakit maag.

Duduk Bersila

Hindari posisi duduk bersila saat beristirahat setelah lelah berolahraga. Hal ini berkaitan dengan aliran darah yang dapat terganggu. Sebaiknya luruskan kaki ketika sedang duduk. Upaya ini dapat membantu menjaga aliran darah tetap baik.

Populer video

Berita lainnya