Tips Merawat Rambut Keriting Agar Mudah Diatur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Merawat Rambut Keriting
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Merawat rambut keriting berbeda dengan jenis rambut lainnya. Sebab, tak sedikit pemilik rambut yang merasa kesulitan menata rambut. Meski begitu, jika mengethaui cara merawat rambut yang tepat, rambut keriting bisa terlihat bagus dan mudah untuk diatur.

Dalam dunia kecantikan, tekstur rambut keriting dibagi atas tiga kelompok. Tipe keriting A adalah jenis keriting yang paling longgar dengan lengkungan rambut mirip huruf S. Rambut keriting tipe B ditandai dengan bentuk keriting yang terlihat dari akar rambut dan volume yang memadai. Sedangkan, tipe C adalah jenis rambut keriting yang paling padat. Bahkan, rambut pemiliknya bisa dimainkan seperti pegas.

Lantas bagaimana cara merawat rambut keriting agar tidak mengembang dan mudah diatur? Melansir laman sehatQ, simak cara cara merawat rambut keriting berikut ini.

Jangan terlalu sering keramas

Minyak alami yang melapisi kulit kepala tidak dapat menyusuri rambut bila jenis rambut Anda keriting. Itulah sebabnya, rambut keriting lebih rentan menjadi kering. Oleh karena itu, sebaiknya jangan keramas terlalu sering. Alangkah lebih baik jika keramas dilakukan 2 kali seminggu.

Gunakan sampo dan kondisioner khusus

Gunakanlah sampo khusus untuk rambut keriting sebagai rutinitas perawatan rambut sehari-hari. Pilih juga sampo dari bahan alami yang tidak mengandung sulfat. Hal ini dilakukan untuk mencegah minyak alami yang ada di rambut berkurang sehingga mencegahnya jadi kering dan pecah-pecah.

Di tengah-tengah mencuci rambut, Anda disarankan menggunakan kondisioner hanya pada batang sampai ujung-ujung rambut. Anda juga dapat mengoleskan kondisioner tanpa bilas khusus rambut keriting, kemudian diamkan sampai rambut kering dengan sendirinya.

Lakukan deep conditioning

Langkah ini dapat dilakukan 2 bulan sekali. Gunakan produk deep conditioner yang cocok untuk kulit keriting. Diamkan selama 10-15 menit atau semalaman untuk mendapat hasil yang maksimal.

Pakai sisir rambut bergigi lebar

Pilihlah sisir bergigi lebar atau Anda dapat menggunakan jari-jari tangan untuk menyisir rambut. Hindari penggunaan sisir bergigi rapat atau halus karena bisa membuat rambut menjadi kusut.

Jangan mengeringkan rambut dengan hair dryer

Pemilik rambut kering tidak dianjurkan mengeringkan rambut dengan alat pengering rambut (hair dryer). Namun, bila sedang buru-buru dan butuh mengeringkan rambut dengan cepat, gunakan pengering rambut yang memiliki diffuser dengan mode pengaturan rendah.

Rutin pakai produk perawatan rambut yang menutrisi

Semakin padat pola rambut keriting, semakin banyak jumlah pelembap yang dibutuhkan untuk menjaga rambut keriting tetap sehat dan mudah diatur. Jumlah pelembap yang dibutuhkan mungkin akan meningkat jika rambut Anda juga tampak lebat. Untuk itu, diperlukan pelembap rambut berupa krim khusus.

Lindungi rambut dari paparan sinar matahari

Cuaca yang terlalu panas dan lembap dapat berisiko merusak rambut. Maka dari itu, penting untuk menggunakan kondisioner bila harus beraktivitas di bawah paparan sinar matahari, jepit rambut, atau gunakan topi atau syal untuk melindungi rambut dari kerusakan.

Hindari penggunaan catokan rambut

Para ahli kecantikan tidak merekomendasikan meluruskan rambut keriting dengan alat pelurus rambut (catokan rambut). Hal ini dilakukan untuk menghindari paparan suhu panas berlebih yang dapat berisiko merusak struktur maupun kesehatan rambut.

Hindari tidur telentang

Tidur telentang hanya akan membuat rambut keriting Anda terlihat berantakan saat bangun nanti. Cobalah tidur menyamping untuk menjaga bentuk rambut keriting. Anda pun bisa menggunakan pelindung rambut untuk menjaga rambut keriting selama tidur.

Populer video

Berita lainnya