Begini Cara Aman Mengatasi Kesusupan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kesusupan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah kesusupan atau kesusuban. Ini adalah kondisi dimana benda kecil masuk dan terjebak di kulit. Benda kecil yang masuk ini biasanya berupa serpihan kayu, potongan kaca, logam, dan plastik yang berukuran sangat kecil. Biasanya, kesusupan terjadi pada kulit telapak kaki dan tangan.

Meski umum terjadi, kesusupan tentu sangat mengganggu. Biasanya kebanyakan orang akan segera mengeluarkan serpihan kayu yang terjebak dengan memencet atau mencubit kulit. Padahal cara ini justru akan membuat serpihan kayu rapuh dan hancur, sehingga lebih sulit dikeluarkan. Melansir laman hellosehat, begini cara aman menghilangkan kesusupan.

Bersihkan area kulit yang kesusupan

Sebelum mengeluarkan benda kecil yang terjebak di dalam kulit, cucilah area yang terkena lebih dahulu. Tujuannya untuk mencegah infeksi akibat kesusupan yang bisa menimbulkan luka terbuka. Kemudian, bersihkan area kulit di mana terdapat serpihan kayu menggunakan sabun dan air hangat, kemudian keringkan menggunakan handuk kering.

Rendam air hangat

Cara aman untuk mengatasi kondisi ini juga bisa dengan merendam bagian kulit yang terkena menggunakan air hangat. Sebab, air hangat bisa membantu melembutkan kulit, sehingga memudahkan serpihan kayu untuk dikeluarkan.

Keluarkan serpihan menggunakan pinset

Jika serpihan kayu yang masuk ke dalam kulit dan terlihat ujungnya, Anda bisa menggunakan pinset untuk menjepit serpihan dan menariknya keluar. Namun pastikan sudah mensterilkan ujung pinset ini menggunakan alkohol.

Keluarkan serpihan menggunakan jarum dan pinset

Jika serpihan kayu yang masuk tertanam seluruhnya di bawah kulit, Anda bisa menggunakan jarum dan pinset untuk mengeluarkannya. Cara menggunakan jarum dan pinset untuk menghilangkan kesusupan dimulai dengan membasahi jarum dan pinset dengan alkohol atau membakar ujungnya agar steril.

Kemudian tusukkan jarum pada kulit yang terdapat salah satu ujung serpihan, lalu dorong serpihan tersebut hingga mencuat. Ujung serpihan yang mencuat kemudian ditarik dengan pinset.

Bersihkan dan oleskan petroleum jelly

Setelah berhasil mengeluarkan benda kecil yang terjebak di kulit, Anda perlu membersihkan kembali area kulit tersebut menggunakan air dan sabun, kemudian keringkan. Setelah itu, oleskan dengan petroleum jelly atau salep antibiotik untuk membantu menjaga kelembapan kulit, mempercepat proses penyembuhan luka, serta mencegah infeksi.

Populer video

Berita lainnya