Sibuk Bukan Alasan, Ini Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Kantor

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Bekerja di Kantor
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kesibukan seringkali menjadi alasan seseorang meninggalkan olahraga. Padahal agar tubuh tetap fit, harus rajin bergerak dan rutin berolahraga. Jadi, tidak ada alasan Anda malas berolahraga, karena sebenarnya aktifitas fisik tersebut juga bida dilakukan di kantor.

Jenis-jenis olahraganya cukup sederhana. Melansir laman halodoc, berikut ini gerakan-gerakan olahraga ringan yang bisa Anda lakukan di kantor.

Beban Tubuh

Gerakan yang satu ini cukup sederhana, karena bisa dilakukan di mana pun tanpa membutuhkan alat-alat tertentu. Anda bisa mencoba desk push up dengan menggunakan tumpuan meja kerja.

Tempatkan tangan di tepi meja, melebarkan bahu, dan posisikan kaki di belakang. Lalu, dorong dengan kekuatan dan lakukan sebanyak Anda bisa.

Squat

Anda bisa melakukan squat di atas kursi kantor dengan gerakan duduk-berdiri yang dilakukan secara berulang. Namun pastikan agar kursi tidak bergerak terlebih dahulu agar olahraga tidak terganggu.

Anda juga bisa mengombinasikannya dengan squat-lunge, yakni gerakan menekuk lutut ke depan, sementara kaki lainnya di posisikan di belakang.

Chair Dips

Olahraga ini menitikberatkan pada otot-otot bahu, trisep, dan paha. Posisikan kaki di depan, lalu letakkan tangan pada tepi kursi atau meja (badan mengarah arah berlawan). Kemudian, angkat tubuh ke bawah dan ke atas. Untuk hasil yang maksimal, lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali repetisi.

Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan olahraga ringan di kantor yang juga memiliki manfaat. Ketika badan sudah terasa kaku atau cukup lelah karena terlalu banyak duduk, cobalah luangkan waktu sejenak untuk mengistirahatkannya.

Anda bisa mencoba jalan santai di halaman kantor atau ke tempat lainnya sembari menjernihkan pikiran. Agar hasilnya maksimal, Anda juga bisa meningkatkan kecepatan saat berjalan kaki. Misalnya, dengan kecepatan 100 langkah per menit.

Angkat beban

Anda bisa memilih dumbel kecil sebagai alternatifnya. Selain membuat badan tetap aktif, angkat beban juga menjadi cara jitu untuk menjaga kesehatan otot dan meningkatkan kepadatan tulang.

Peregangan Punggung

Olahraga ringan ini cukup mudah dilakukan. Sebelum punggung terasa sakit, berdirilah dan sentuhlah jari-jari kaki. Lakukan gerakan ini sampai dua atau tiga kali. Gerakan ini merupakan cara yang baik untuk mengendurkan otot-otot punggung.

Populer video

Berita lainnya