Pentingnya Komitmen dalam Hubungan, Begini Cara Menjaganya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Emosi Dasar berhubungan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Komitmen dalam sebuah hubungan tidak hanya sebatas ucapan, tetapi juga tindakan sebagai pembuktian. Ketika berkomitmen dalam hubungan, ini berarti Anda dan pasangan siap bertanggung jawab dan siap menghadapi situasi apa pun. Tanpa komitmen hubungan yang dijalani tentu menjadi tidak jelas tujuannya.

Di awal berpacaran, mungkin Anda tidak yakin hubungan tersebut akan bertahan di masa depan. Anda juga bisa saja tidak yakin bahwa pasangan akan selalu ada saat dibutuhkan. Ketika hubungan menjadi semakin dalam, biasanya mulai muncul rasa takut kehilangan akan pasangan. Nah, komitmen dapat mengurangi kecemasan tersebut. Namun perlu diingat, komitmen bukan hanya dilakukan sepihak saja.

Menjaga komitmen dengan pasangan sendiri mungkin tidak mudah. Namun, bukan berarti Anda dan pasangan tidak dapat berusaha untuk menjaga komitmen tersebut. Melansir laman sehatQ, berikut diantaranya:

Lakukan terapi

Jika kesulitan berkomitmen dalam hubungan, cobalah lakukan terapi untuk mencari tahu alasannya. Seseorang yang susah berkomitmen mungkin saja karena hubungan masa lalu yang buruk, pengalaman masa kecil yang tidak menyenangkan, atau ada masalah dengan cara berhubungan dengan orang lain.

Terbuka pada pasangan

Ketika susah berkomitmen, segera komunikasikan dengan pasangan. Jika Anda peduli pada pasangan, cobalah untuk terbuka tentang masalah Anda. Sampaikan kepadanya apa yang Anda rasakan dan apa yang membuat Anda takut berkomitmen. Tindakan ini lebih baik daripada dipendam sendiri.

Latihan berkomitmen

Cara lain untuk menjaga komitmen adalah dengan berlatih. Lakukan latihan berkomitmen, seperti menghabiskan akhir pekan bersama-sama, membuat rencana liburan, dan berpegangan tangan di tempat umum. Jika merasa takut atau cemas ketika melakukan ini, diskusikan dengan pasangan.

Bangun kepercayaan

Seseorang yang siap berkomitmen cenderung terbuka pada pasangannya untuk mempererat hubungan asmaranya. Ia bisa berbagi banyak hal tentang dirinya untuk meningkatkan keintiman dan menunjukkan rasa syukur. Perilaku seperti ini cenderung membangun kepercayaan dan membuat hubungan terasa istimewa.

Menjadi pasangan ideal

Kunci menjaga komitmen dalam hubungan adalah dengan menjadi seseorang yang pasangan Anda butuhkan. Jika perlu menjadi pasangan yang kuat, jadilah yang kuat. Setia, konsisten, dan jadilah seseorang yang dapat diandalkan. Bersikaplah baik, mau menolong, dan menghormati pasangan, bahkan ketika dia tidak ada.

Populer video

Berita lainnya