Mengenal Karakter Plegmatis dan Ciri-Cirinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Karakter Plegmatis
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Orang plegmatis identik dengan kepribadian yang sederhana, tenang, menyenangkan, dan intuitif. Mereka juga dikenal sebagai pribadi yang cinta damai, dermawan, dan sangat peduli dengan orang lain. Setidaknya, terdapat sejumlah ciri-ciri kepribadian plegmatis yang bisa Anda kenali. Melansir laman klikdokter, berikut ulasannya.

Punya Rasa Empati yang Besar

Hal ini tidak lepas dari keinginan terdalam mereka untuk memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh orang lain. Karena itu, orang plegmatis memiliki kemampuan yang baik dalam mengenal orang lain. Umumnya, mereka juga mahir membaca bahasa tubuh seseorang. Rasa empati yang besar juga membuat orang plegmatis banyak terjun dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan.

Perhatian

Orang plegmatis cenderung menjadi pribadi yang hangat, ramah dan perhatian. Ketika melihat teman yang sedih, orang plegmatis tidak sungkan untuk mengajak ngobrol atau menghiburnya. Mereka berusaha agar orang lain tidak mengalami kesulitan.

Cinta Damai

Orang plegmatis dikenal cinta damai dan selalu berusaha untuk tidak terlibat dalam konflik. Ketika menghadapi sebuah masalah, mereka akan berusaha memposisikan diri di posisi orang lain. Sebisa mungkin orang plegmatis mencari cara agar konflik tidak terjadi.

Sederhana

Orang plegmatis biasanya juga memiliki kecenderungan tidak suka menonjolkan diri. Bagi mereka yang terpenting adalah bisa membahagiakan orang-orang di sekelilingnya. Maka itu, penampilan orang plegmatis bisanya tampak sederhana.

Bijaksana

Orang plegmatis terbiasa melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang luas. Tak heran, banyak orang menjadikan si plegmatis sebagai tempat bertanya. Plegmatis bisa memberikan jawaban maupun solusi yang bijaksana.

Kelebihan dan Kekurangan Orang Plegmatis

Kelebihan plegmatis adalah mereka bisa menjaga hubungan kekeluargaan dan persahabatan dengan baik. Mereka juga jarang terlibat konflik. Orang plegmatis bisa menjadi pendengar yang baik. Sayangnya, kekurangan plegmatis adalah mereka menganggap semua orang melihat sesuatu dengan cara yang sama.

Akibatnya, si plegmatis sulit menerima kritikan. Kritikan bagi plegmatis adalah sebuah penghinaan. Hal ini bisa membuat mereka baper, bahkan bisa sedih berkepanjangan selama berhari-hari. Kekurangan plegmatis lainnya adalah cenderung menyederhanakan permasalahan dan melewatkan detail penting di dalamnya.

Populer video

Berita lainnya