Ketahui Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan Gigi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Jambu Biji
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Jambu biji memiliki kandungan vitamin A dan C sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Tanaman yang tumbuh subur di wilayah Indonesia ini bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus. Ternyata selain buahnya, daun jambu biji juga tak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan gigi. Melansir laman klikdokter, berikut manfaat jambu biji untuk kesehatan gigi.

Bakteriostatik

Dalam kondisi normal, rongga mulut manusia memiliki flora normal yang berisikan beberapa mikroorganisme dan bakteri. Salah satu bakteri yang mengakibatkan gigi berlubang, yaitu Streptococcus mutans. Sementara daun jambu biji memiliki kandungan flavonoid yang akan menghambat pertumbuhan bakteri atau bakteriostatik.

Flavonoid yang dimiliki daun jambu biji secara spesifik akan menghambat bakteri Streptococcus mutans. Hal ini akan menurunkan risiko kejadian gigi berlubang. Dengan begitu, penggunaan daun jambu biji bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit gigi.

Antioksidan

Flavonoid yang terkandung di dalam tumbuhan jambu biji, yaitu kuersetin, memiliki sifat antioksidan. Selain mampu menghambat pertumbuhan bakteri, flavonoid tersebut dapat mereduksi radikal bebas sehingga termasuk sebagai antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jaringan lunak gigi.

Sifatnya yang mampu menangkal radikal bebas akan mengurangi kejadian penyakit periodontal seperti gingivitis, yakni peradangan pada gusi yang disebabkan oleh karang gigi.

Antifungsi

Salah satu senyawa aktif yang ada pada daun jambu biji adalah tanin. Daun jambu biji mengandung tanin hingga mencapai 9-12%. Senyawa ini akan mampu mencegah adanya penyebaran jamur. Penting diketahui, penyakit yang paling banyak terjadi pada rongga mulut adalah denture kandidiasis. Kondisi ini terjadi ketika terdapat jamur pada area gigi tiruan pengguna gigi tiruan lepas.

Antiinflamasi

Daun jambu biji yang mengandung flavonoid akan menghambat enzim siklooksigenase sehingga pembentukan prostaglandin ikut terhambat. Dengan terhambatnya prostaglandin, maka proses antiinflamasi akan terjadi.

Antiseptik

Daun jambu biji terbukti mampu membunuh mikroba. Bahkan, beberapa penelitian mengungkapkan jika daun jambu biji dapat digunakan sebagai hand sanitizer. Bagi rongga mulut, bahan antiseptik memiliki peran yang baik untuk menghilangkan mikroba yang ada di dalam mulut.

Populer video

Berita lainnya