Kenali Jenis Infeksi Jamur dan Gejalanya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kesehatan Kulit
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Secara alami, jamur dapat hidup di kulit manusia. Organisme mikroskopis ini biasanya tidak menimbulkan masalah, kecuali jika berkembang biak lebih cepat dari biasanya atau menembus kulit melalui luka atau lesi. Tanda dan gejala yang muncul dapat berbeda-beda, tergantung jenis infeksi jamur yang dialami. Namun umumnya kondisi ini menyebabkan gejala gatal dan perubahan pada kulit.

Nah, ada beberapa jenis infeksi jamur yang dapat memengaruhi kulit. Selain kulit, area umum lainnya untuk infeksi jamur adalah selaput lendir. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa jenis infeksi jamur kulit dan gejalanya.

Tinea Corporis

Kondisi ini biasanya terjadi pada kulit tubuh. Gejala utamanya adalah ruam berbentuk cincin dengan tepi sedikit terangkat. Kulit di dalam ruam melingkar ini biasanya terlihat sehat. Ruam dapat menyebar dan seringkali terasa gatal.

Tinea Pedis

Ini adalah infeksi jamur yang memengaruhi kulit di kaki, sering kali di antara jari-jari kaki. Tanda dan gejala khas infeksi jamur kulit ini meliputi:

  • Gatal
  • Sensasi terbakar
  • Kulit yang tampak merah, bersisik, atau kering
  • Kulit pecah-pecah atau melepuh

Tinea Cruris

Ini merupakan infeksi jamur pada kulit yang terjadi di area selangkangan dan paha. Gejala utamanya adalah ruam merah gatal yang biasanya dimulai di daerah selangkangan atau di sekitar paha bagian dalam atas. Ruam dapat memburuk setelah berolahraga atau aktivitas fisik lainnya dan dapat menyebar ke bokong dan perut.

Kandidiasis Kulit

Ini adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur Candida. Kandidiasis kulit sering terjadi di daerah yang hangat, lembap, dan berventilasi buruk. Beberapa contoh area khas yang dapat terpengaruh termasuk di bawah payudara dan di lipatan bokong, seperti ruam popok. Tanda infeksi jamur kulit ini dapat meliputi:

  • Ruam merah
  • Gatal
  • Pustula merah kecil

Onikomikosis (Jamur Kuku)

Onikomikosis adalah infeksi jamur pada kuku. Ia dapat mempengaruhi kuku tangan atau kuku kaki, tapi infeksi pada kuku kaki lebih sering terjadi. Tanda-tandanya berupa kuku berubah warna, biasanya kuning, coklat, atau putih, kuku rapuh atau mudah patah dan kuku menebal.

Populer video

Berita lainnya