Cara Self Healing Terbaik yang Bisa Anda Terapkan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Healing Time
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Healing time merupakan istilah untuk menggambarkan waktu ‘penyembuhan’ dari masalah yang sedang dihadapi. Misalnya, ketika merasa stres karena pekerjaan, sekolah, atau percintaan, mungkin Anda membutuhkan healing time. Biasanya istilah ini akrab dengan liburan atau istirahat. Padahal, healing time artinya lebih jauh dari itu karena berkaitan dengan kesehatan mental.

Healing memang bukan proses yang mudah, tetapi sangat bermanfaat untuk orang yang sedang terluka. Melansir laman sehatQ, ada beberapa manfaat healing time seperti memberikan sugesti positif yang bisa membawa pengaruh baik dalam hidup, menurunkan hormon kortisol (hormon stres), membuat pikiran dan perasaan menjadi lebih tenang, hingga kembali bersemangat dalam menjalani hari.

Healing time artinya waktu untuk menyembuhkan diri yang bermanfaat untuk dicoba. Alih-alih menjadikan kegiatan negatif sebagai pelampiasan, Anda bisa menyalurkannya pada kegiatan yang lebih positif. Berikut adalah cara self healing terbaik yang bisa Anda lakukan:

Olahraga

Menggerakan tubuh dapat membantu mengurangi stres dengan mengalihkan pikiran negatif dan meningkatkan hormon endorfin (hormon kebahagiaan). Anda bisa memulai olahraga dengan berjalan cepat, berlari, bermain hula hoop, menendang bola, atau melakukan aktivitas lainnya.

Meditasi

Anda dapat mencoba bermeditasi di rumah ataupun di alam terbuka. Terdapat beberapa jenis meditasi, baik mindfulness (memusatkan perhatian terhadap apa yang terjadi saat ini dengan melibatkan kesadaran), konsentrasi, hingga penggunaan mantra. Seluruh bentuk meditasi ini dapat menghasilkan relaksasi yang mendalam sehingga membuat perasaan Anda menjadi lebih positif.

Liburan

Berlibur dapat meningkatkan kesejahteraan sehingga Anda merasa lebih bahagia dan kembali bersemangat untuk menjalani kegiatan. Tempat yang bisa Anda kunjungi saat berlibur adalah wisata alam, taman bermain, atau area di luar ruangan lainnya.

Mendengarkan musik

Kegiatan mendengarkan musik dapat melepaskan hormon dopamin yang membantu meningkatkan mood sehingga stres berkurang. Anda dapat membuat daftar putar lagu yang menenangkan hati dan pikiran, atau membuat suasana menjadi lebih bahagia.

Berendam

Berendam di bak mandi air hangat dapat membantu melepaskan stres. Anda bisa melakukannya selepas beraktivitas untuk menghilangkan rasa penat atau saat suasana hati terasa buruk.

Populer video

Berita lainnya