Cara Alami Mencegah Munculnya Jerawat di Wajah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Hilangkan Jerawat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Memiliki kulit wajah yang mulus, bersih, dan sehat menjadi dambaan bagi banyak orang. Sayangnya, masalah kulit seperti jerawat kerap menjadi hal menjengkelkan, sehingga menjadikan wajah terlihat tidak mulus. Karenanya, tidak sedikit orang yang rela melakukan berbagai perawatan, demi mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat.

Nah, ternyata ada lho perawatan alami untuk mencegah munculnya jerawat yang mungkin belum Anda ketahui. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jerawat yang membandel kembali muncul di kulitmu. Melansir laman halodoc, berikut ulasannya.

Menjaga kulit wajah tetap bersih

Penting bagi Anda untuk mencuci muka dua kali sehari. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak ekstra dari permukaan kulit. Pastikan untuk menggunakan air hangat dan pembersih wajah yang ringan agar mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu, hindari menggosok kulit wajah terlalu kencang saat membersihkannya, maupun saat mengeringkannya dengan handuk.

Hindari menyentuh wajah dengan tangan

Tidak hanya dapat menyebarkan bakteri, Anda juga dapat mengiritasi kulit wajah yang sudah meradang ketika menyentuh langsung wajah dengan tangan. Keduanya merupakan faktor pemicu timbulnya jerawat pada kulit. Selain itu, hindari memencet jerawat dengan jari. Pasalnya, kebiasaan ini dapat menyebabkan infeksi dan jaringan parut.

Batasi waktu beraktivitas di luar ruangan

Sinar ultraviolet matahari dapat meningkatkan peradangan dan kemerahan, dan juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi pasca-inflamasi (perubahan warna gelap). Selain itu, beberapa obat jerawat juga dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karenanya, batasi waktu ketika sedang beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Jika ingin beraktivitas di luar ruangan, pastikan untuk menggunakan tabir surya dengan kekuatan minimal SPF 50.

Rutin olahraga

Berolahraga secara rutin baik untuk keseluruhan tubuh, tanpa terkecuali kulit. Namun, pastikan untuk menghindari mengenakan pakaian yang dapat menyebabkan iritasi. Selain itu, segeralah mandi setelah berolahraga.

Kelola stres dengan baik

Stres memang diduga kuat memiliki keterkaitan dengan tumbuhnya jerawat. Oleh karena itu, pastikan untuk mengelola stres dengan baik. Anda bisa mengelolanya dengan melakukan beberapa kegiatan positif yang disukai seperti liburan bersama teman.

Populer video

Berita lainnya