Begini Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Metabolisme Tubuh
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Metabolisme memiliki kaitan erat dengan berat badan. Sebab, metabolisme mengubah apa yang Anda makan dan minum menjadi energi. Sementara berbagai aktivitas, baik itu bernapas, mengedarkan darah, menyesuaikan kadar hormon, atau proses perbaikan sel dalam tubuh membutuhkan energi.

Semakin besar energi terpakai, semakin kecil pula terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan bahwa kecepatan metabolisme berpengaruh pada berat badan. Namun ada juga faktor lain yang bisa mempengaruhinya seperti susunan genetik, kontrol hormonal, diet, dan dampak lingkungan pada gaya hidup Anda, termasuk tidur, aktivitas fisik, dan stres.

Nah, Anda bisa mengikuti beberapa cara meningkatkan metabolisme tubuh. Melansir laman hellosehat, berikut beberapa cara yang bisa Anda coba.

Jaga pola makan

Banyak teori yang menyebutkan jika teh hijau, minuman berkafein, atau makanan pedas dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Meski begitu, ahli endokrinologi dan obesitas, Marcio Griebeler, MD, menyarankan untuk menjaga pola makan tetap sehat, baik itu pilihan makanannya maupun porsinya.

Anda perlu meningkatkan konsumsi buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan telur, serta daging tanpa lemak. Batasi camilan yang tinggi gula, garam, dan lemak. Pilihan makanan yang sehat ini juga bisa menjaga sistem pencernaan berfungsi dengan baik.

Olahraga rutin

Orang-orang yang memiliki metabolisme tubuh biasanya lebih aktif berolahraga. Latihan aerobik adalah cara paling efisien untuk membakar kalori dan mencakup aktivitas seperti berjalan kaki, bersepeda, dan berenang. Anda setidaknya melakukan latihan ini 30 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu.

Tahu caranya mengatasi stres

Jangan biarkan stres tidak tertangani dan akhirnya merusak kualitas hidup. Stres sering menyebabkan seseorang menjadikan makanan dan minuman tidak sehat sebagai pelarian, misalnya mengonsumsi junk food dan minum alkohol. Selain itu, stres bisa memicu sembelit yang nantinya bisa mengganggu kesehatan sistem pencernaan.

Cukup tidur

Peningkatan kortisol tidak hanya terjadi ketika tingkat stres sedang tinggi, tapi juga terjadi karena kurang tidur. Kondisi tersebut bisa memicu tubuh untuk menghemat penggunaan energi karena Anda akan mudah mengantuk sepanjang hari. Setidaknya Anda membutuhkan tidur 9 – 7 jam per harinya.

Populer video

Berita lainnya