Begini Cara Mudah Mengatasi Stres

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tak sedikit orang yang masih mencari cara untuk mengatasi stres dan tetap bisa berpikiran positif. Sebab, pikiran yang positif ini bisa dicapai dengan selalu optimis dalam menyikapi segala hal yang terjadi. Ketika terjadi masalah dan disikapi dengan optimis, secara tidak langsung Anda akan selalu berpikiran positif. Melansir laman halodoc, begini cara mudah mengatasi stres.

Menerapkan pola makan sehat

Apapun yang Anda konsumsi akan memengaruhi setiap aspek kesehatan, termasuk kesehatan mental. Kurang mengonsumsi makanan bernutrisi nyatanya dapat meningkatkan risiko kekurangan nutrisi yang penting untuk mencegah stres dan mengatur suasana hati.

Kurangi penggunaan gadget

Smartphone, komputer, dan tablet adalah bagian yang tak terhindarkan dari kehidupan sehari-hari. Meski perangkat ini amat diperlukan, menggunakannya terlalu sering faktanya dapat meningkatkan tingkat stres.

Menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar ternyata berkaitan dengan kesejahteraan psikologis yang lebih rendah dan peningkatan tingkat stres pada orang dewasa dan anak-anak. Selain itu, waktu layar dapat memengaruhi waktu tidur yang juga dapat menyebabkan peningkatan tingkat stres.

Batasi asupan kafein

Kafein adalah bahan kimia yang ditemukan dalam kopi, teh, cokelat, dan minuman energi yang merangsang sistem saraf pusat. Mengkonsumsi terlalu banyak kafein dapat memperburuk dan meningkatkan perasaan cemas dan mengganggu waktu tidur. Pada gilirannya, hal ini dapat meningkatkan gejala stres dan kecemasan.

Habiskan waktu bersama teman dan keluarga

Dukungan sosial dari teman dan keluarga dapat membantu seseorang dalam melewati masa-masa stres dan mengatasi stres. Sebuah penelitian pada 163 orang dewasa menunjukan bahwa mereka yang mendapatkan dukungan dari teman, keluarga, dan pasangan akan mengalami pengurangan rasa kesepian, gejala depresi, dan stres.

Cukup tidur

Kurang tidur ternyata memiliki kaitan dengan stres. Seseorang yang kurang tidur dapat mengalami serangkaian masalah fisik sampai mental. Kurangnya waktu tidur juga ternyata mampu memperburuk stres yang ada.

Berpikiran positif

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa saat seseorang membayangkan hal yang bahagia yang akan terjadi di masa depan, maka secara tidak langsung ia telah mengaktifkan bagian otak yang berkaitan dengan perasaan positif dan mengurangi positif.

Populer video

Berita lainnya