6 Hal yang Harus Dilakukan saat Kelebihan Sensorik

pic by: canva.com

Ketika kita mendengar kata ‘kelebihan sensorik’, kita sering membayangkan seorang balita yang mencoba menerima terlalu banyak hal sekaligus, yang mengakibatkan kehancuran. Ternyata, orang dewasa juga bisa menjadi terlalu terstimulasi, dan meskipun kita mungkin tidak mempunyai reaksi emosional yang sama.

Hal ini bisa menyebabkan kita menjadi marah dan mudah tersinggung (terutama jika anda seorang ibu dengan sensorik yang berlebihan, benarkan?) Bagi sebagian orang, rangsangan berlebihan dapat membuat mereka sulit fokus atau beraktivitas sehari-hari. Jika anda menyadari bahwa indra anda menjadi terlalu berat untuk ditangani di lingkungan tertentu.

kami telah mengumpulkan enam hal yang harus dilakukan saat Anda terlalu terstimulasi, ditambah cara mencegah kelebihan sensorik:

1. Keluarkan Diri Anda dari Situasi Tersebut

Jika memungkinkan, jauhkan diri anda dari situasi yang menyebabkan anda merasa terlalu terstimulasi. Ini mungkin berarti meninggalkan pesta yang ramai, istirahat dari layar komputer, atau keluar dari percakapan kelompok. Akan ada saatnya lebih sulit untuk melepaskan diri dari suatu situasi. Temukan tempat yang tenang di mana anda dapat memejamkan mata, bernapas, dan mendapatkan ruang kepala yang nyaman. Ini bisa menghasilkan keajaiban!

2. Teknik Pernafasan

Saat anda merasa terlalu terstimulasi, anda dapat menggunakan teknik pernapasan untuk membantu anda rileks dan menenangkan diri. Sangat berguna untuk mempraktikkan teknik-teknik ini sebelum anda mengalami kelebihan sensorik sehingga anda tahu apa yang harus dilakukan saat ini.

Pernapasan 3-3-3 adalah salah satu teknik paling populer untuk menenangkan diri dengan cepat. Tarik napas selama tiga detik, tahan selama tiga detik, dan buang napas selama tiga detik.

3. Beristirahatlah dari Teknologi

Teknologi telah mendarah daging dalam kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari laptop, ponsel pintar, hingga TV, jika kita tidak hati-hati, kita bisa menghabiskan waktu seharian menatap layar. Meskipun perangkat memungkinkan kita untuk tetap terhubung dan terhibur, rangsangan berlebihan dapat terjadi jika anda menghabiskan terlalu banyak waktu mengonsumsi media.

Hal ini dapat menyebabkan kecemasan, kurang fokus, kelelahan, dan bahkan depresi. Penting untuk memutuskan hubungan dengan teknologi secara teratur dan terutama ketika hal itu menyebabkan kelebihan sensorik. Matikan perangkat anda dan membaca, berjalan-jalan, atau bertemu teman.

4. Coba Headphone Mode Senyap

Jika anda termasuk orang yang terlalu terstimulasi dengan suara keras. Anda bisa memakainya headphone mode senyap dalam berbagai situasi, mulai dari angkutan umum, hingga mal yang ramai. Anda dapat menggunakannya saat anda merasa terpicu atau jika anda tahu lingkungan yang anda hadapi mungkin memicu anda.

5. Gerakkan Tubuh Anda

Aktivitas fisik adalah salah satu hal terbaik yang dapat anda lakukan untuk kesehatan mental anda, jadi jika anda merasa kewalahan, cemas, atau gelisah karena rangsangan berlebihan, bangunlah dan gerakkan tubuh anda. Olahraga teratur membantu menenangkan pikiran, mengurangi stres, dan merasa lebih stabil secara emosional.

6. Masuk ke Ruangan yang Gelap dan Tenang

Jika Anda berada di rumah atau di rumah seseorang yang anda merasa nyaman, dan mulai merasakan gejalanya, pergilah ke kamar tidur, matikan lampu, dan istirahat. Berbaring di ruangan yang gelap dan sunyi hingga anda merasa lebih baik memungkinkan anda melepaskan diri dari lingkungan dan mengatur ulang emosi.

Populer video

Berita lainnya