Ketahui Kesalahan Mencuci Muka yang Dapat Merusak Kulit Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Membersihkan Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Polusi dan sengatan sinar matahari yang terik seringkali membuat seseorang ingin segera mencuci muka agar terasa segar kembali. Padahal, langsung mencuci muka setelah seharian beraktivitas di bawah terik matahari perlu dihindari.

Sebab, udara panas dan keringat yang menempel pada kulit wajah, dapat menyumbat pori-pori. Kondisi tersebut berpotensi memicu kerusakan pada kulit. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa kesalahan mencuci muka yang perlu dihindari.

Menggunakan produk pembersih yang tidak sesuai

Langkah penting untuk memiliki kulit mulus adalah dengan menggunakan produk yang tepat untuk jenis kulit yang dimiliki. Pasalnya, setiap kondisi kulit membutuhkan perawatan dan formulasi yang berbeda. Bagi yang memiliki kulit normal hingga kering, direkomendasikan losion pembersih yang menghidrasi dan lembut. Sementara bagi yang memiliki tipe berminyak atau kombinasi, harus memilih pembersih berbusa atau gel anti-inflamasi.

Terlalu sering mencuci muka

Menjaga wajah bebas dari jerawat, bukan berarti harus sering cuci muka. Sebab saat terlalu sering mencuci muka, kulit akan kehilangan cukup banyak minyak alami. Jika hal ini terjadi, maka potensi kulit wajah mengalami iritasi akan semakin tinggi.

Ikut mencuci area sekitar mata

Saat mencuci muka dengan sabun, hindari mengenai bagian sekitar mata. Sebab, kandungan kimia dalam produk pembersih wajah dapat mengiritasi mata. Selain itu, daerah kelopak mata memiliki bagian kulit yang paling sensitif. Sehingga dibutuhkan sentuhan yang ekstra lembut saat membersihkannya.

Membilas wajah dengan air panas

Mencuci muka dengan air panas nyatanya dapat membuat kulit lebih kering dan rusak. Dari pada air panas, pilihlah air hangat untuk membersihkan sisa makeup sebelum tidur di malam hari.

Membilas wajah dengan cara yang salah

Setelah mencuci muka dengan sabun atau produk pembersih wajah, pastikan membilas dengan benar dan menyeluruh. Hindari meninggalkan sisa kotoran dan sisa produk di seputar wajah karena dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Guna hasil yang maksimal, mulailah membasuh wajah dari dekat garis rambut dan lanjutkan sampai sekitar rahang. Bersihkan pula bagian sela-sela hidung untuk membersihkan sisa kotoran yang tersembunyi.

Terlalu kencang menggosok wajah

Setelah mencuci muka, Anda mungkin ingi segara menggosok wajah dengan handuk agar cepat kering. Namun pastikan jangan menggosoknya terlalu keras. Sebab, hal ini dapat membahayakan kulit. Terlalu banyak tarikan dan gesekan yang keras akibat digosok handuk dapat memengaruhi elastisitas kulit.

Populer video

Berita lainnya