Simak Baik-Baik! Kebiasaan Ini Dapat Menurunkan Kesuburan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Kesuburan Pria
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Lebih dari lima belas persen pasangan mengidap masalah kesuburan, yang kemudian berujung pada susahnya mendapatkan momongan. Kasus ini pun tidak menutup kemungkinan terjadi pada kaum pria.

Ketidaksuburan pada pria biasanya disebabkan oleh rendahnya produksi sperma, adanya penyumbatan pada sperma, pernah mengalami cedera atau karena adanya masalah kesehatan yang kronis akibat dari gaya hidup tak sehat.

Penurunan tingkat kesuburan ini ternyata bisa terjadi karena adanya kebiasaan sehari-hari yang sebaiknya tak Anda lakukan. Melansir laman halodoc, berikut beberapa kebiasaan negatif yang patut dihindari demi menjaga kesuburan.

Pemakaian tabir surya berlebihan

Tabir surya memang bisa melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, namun studi terbaru menyebutkan bahwa bahan kimia yang terdapat didalamnya dapat mengganggu fungsi sel sperma. Hal itu terjadi karena filter didalam tabir surya bisa menembus kulit, sehingga bahan kimia pun masuk ke aliran darah dan bahkan dapat memberikan dampak negatif pada hormon.

Terlalu banyak konsumsi alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, maka kesuburan pria pun akan rusak dan bahkan dapat menurunkan kualitas sperma seorang pria.

Memakai celana terlalu ketat

Berpakaian agar terlihat fashionable memang menjadi keinginan bagi sebagian orang. Namun setidaknya, penampilan yang Anda usung jangan sampai mengganggu kesehatan. Semisal memakai celana ketat yang kini menjadi trend.

Tahukah Anda bahwa celana yang terlalu ketat menyebabkan alat kemaluan menjadi panas? Bahkan ia dapat menurunkan jumlah sperma yang diproduksi dan bahkan bisa membawa masalah bagi kesuburan. Oleh sebab itu, pakailah pakaian sewajarnya dan nyaman digunakan.

Perokok aktif maupun pasif

Menurut sebuah penelitian dari Sekolah Kesehatan Umum dan Kedokteran Tropis Tulane, semakin banyak kamu mengonsumsi tembakau atau rokok, maka kesehatan alat vital pun terganggu, bahkan bisa menimbulkan disfungsi ereksi bagi para kaum pria. Selain itu, penelitian pun menyebutkan bahwa asap rokok dapat membawa pengaruh negatif bagi DNA sperma dan dapat meningkatkan risiko impotensi.

Olahraga berlebihan

Olahraga memang merupakan kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh. Namun, terlalu banyak berolahraga ternyata bisa membuat kesuburan menurun. Jumlah sperma akan menurun bahkan bisa membuat batas stres oksidatif pun naik, sehingga sperma pun tidak akan berfungsi dengan baik.

Selain itu hormon testosteron akan menurun, sementara hormon stres akan kian naik. Untuk menghindarinya, sebaiknya Anda mempunyai program latihan yang tepat dari ahlinya.

Populer video

Berita lainnya