Begini Cara dan Perawatan untuk Mencerahkan Kulit Kusam

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kulit Mengelupas
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kulit kusam menjadi salah satu masalah kulit yang paling sulit diatasi. Selain penyebabnya yang beragam, tiap-tiap cara mencerahkan atau memutihkan kulit yang kusam belum tentu cocok untuk semua orang. Apalagi, gaya hidup, kebiasaan sehari-hari, hingga pola makan dapat memengaruhi kesehatan kulit. Melansir laman hellosehat, berikut ini cara perawatan untuk kulit serta kebiasaannya yang bisa membantu mencerahkan kulit Anda.

Perbanyak makan buah tinggi vitamin C

Vitamin C bekerja dengan meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit kencang dan bercahaya. Sebuah penelitian menunjukkan, penggunaan produk skincare mengandung vitamin C selama 12 minggu dapat menunda gejala penuaan dini. Vitamin ini terbukti mengurangi keriput, mencegah kerusakan kulit, dan meningkatkan produksi kolagen yang merupakan penyokong jaringan kulit.

Tidur yang cukup

Denga tidur yang cukup, tubuh memiliki kesempatan untuk membentuk kembali kolagen. Tidur yang cukup juga melancarkan aliran darah di bawah kulit sehingga kulit mendapatkan nutrisi. Jadi, pastikan Anda tidur setidaknya 7 jam setiap hari.

Rutin olahraga

Olahraga dapat meningkatkan kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh, termasuk jaringan kulit. Kulit yang menerima cukup asupan oksigen dan nutrisi akan tampak lebih sehat, lembap, dan cerah bersinar. Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut cukup dengan melakukan olahraga ringan.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Air memelihara kelembapan kulit dan menjaga jaringan kolagen. Kedua hal ini berperan penting dalam membuat kulit tampak lembut, padat, dan bercahaya. Sumber cairan terbaik untuk kulit adalah air, sayuran, dan buah-buahan. Hindari cairan dalam bentuk minuman beralkohol karena alkohol memiliki sifat menarik air.

Lindungi kulit dari sinar matahari

Paparan sinar ultraviolet dari matahari dapat menyebabkan kulit kusam dan membuat rona warna kulit menjadi tidak merata. Oleh karena itu, selalu lindungi kulit dengan mengoleskan produk tabir surya atau sunscreen mengandung SPF 30 setiap kali akan keluar rumah. Gunakan terutama pada bagian wajah dan lengan yang lebih sering terpapar sinar matahari.

Konsumsi makanan kaya vitamin

Kulit memerlukan banyak nutrisi serta antioksidan untuk mempertahankan bentuk dan fungsinya, menangkal radikal bebas, dan memproduksi kolagen. Vitamin B (biotin), vitamin C, dan vitamin E adalah beberapa jenis vitamin yang sangat baik untuk kulit.

Populer video

Berita lainnya