Ini Manfaat Punya Rumah Bersih dan Rapi untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Bersih Bersih Rumah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Membersihkan rumah menjadi rutinitas yang perlu dilakukan setiap hari. Pasalnya, jika rumah kotor dan berantakan, tentu akan membuat penghuninya tidak betah dan memilih menghabiskan aktivitas di luar. Terlebih bisa juga menjadi sarang penyakit.

Meski melelahkan, membersihkan rumah secara rutin sesungguhnya memiliki banyak manfaat. Selain enak dipandang, rumah yang bersih juga dapat menjauhkan Anda dan keluarga dari kuman-kuman penyebab penyakit. Melansir laman klikdokter, berikut manfaat yang didapat jika rumah bersih dan rapi.

Menurunkan stres

Menurut sebuah penelitian, melakukan aktivitas fisik, salah satunya bersih-bersih rumah, selama 20 menit dapat mengurangi kecemasan dan stres sebanyak 20 persen. Oleh karenanya, cobalah untuk membersihkan rumah Anda secara rutin. Bukan hanya agar stres berkurang, tetapi juga membuat tubuh Anda tetap aktif.

Menghalau penyebaran penyakit

Dengan membersihkan kamar mandi, kamar tidur, tempat cuci piring, lantai dan dinding rumah dapat melindungi Anda dari kuman-kuman berbahaya. Oleh sebab itu, selalu bersihkan dapur terutama sehabis memotong atau membersihkan bahan makanan mentah. Daging mentah dapat menjadi sarana penyebaran kuman.

Mencegah berkumpulnya tikus dan serangga

Tikus dan serangga merupakan hewan-hewan yang suka berada di dalam lingkungan yang kotor dan tidak rapi. Mereka dapat berkembang biak dan lebih mudah bersembunyi di rumah yang berantakan. Mereka juga bisa menyebarkan penyakit, bakteri, kuman, dan alergi.

Dengan membersihkan rumah dan menutup makanan setiap habis makan serta membuang sampah setiap hari, maka dapat menghindarkan adanya tikus dan serangga di rumah.

Mengurangi risiko alergi dan asma

Salah satu manfaat rumah yang bersih dan sehat adalah dapat mengurangi terjadinya alergi serta asma.Di dalam rumah yang berantakan, banyak sekali ditemukan tungau debu yang dapat menimbulkan alergi dan kambuhnya asma. Tungau dapat dijumpai di kasur, bantal, guling, sofa, karpet, dan gorden.

Oleh karenanya, bersihkan dan jemur peralatan tidur, gorden, dan karpet rumah secara rutin minimal tiga minggu sekali. Pastikan pula ruangan kamar memiliki ventilasi yang baik sehingga sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan. Makin banyak barang di dalam ruangan, makin sulit untuk membersihkannya dan makin menumpuk pula debu.

Terhindar dari penyakit demam berdarah dengue

Penyakit demam berdarah dengue (DBD) ditularkan melalui gigitan nyamuk. Nyamuk banyak berkembang biak pada genangan air, bak yang kotor, serta tumpukan sampah. Dengan menjaga lingkungan rumah bersih dan rapi, tentunya akan mencegah berkembang biaknya nyamuk pembawa penyakit DBD.

Menjaga kualitas tidur

Ini perlu diperhatikan bagi mereka yang selalu merasa kurang tidur atau tidak bisa tidur pulas. Mungkin rumah atau kamar yang kotor menjadi alasannya. Menurut penelitian, orang yang selalu merapikan tempat tidur mereka akan lebih nyenyak tidur setiap malam. Seprei dan selimut yang bersih pun akan cenderung membuat orang tidur lebih berkualitas.

Populer video

Berita lainnya