Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Kuat Saat Mudik

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Jalan-Jalan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mudik sudah menjadi tradisi sebagian besar masyarakat Indonesia menjelang hari Lebaran. Melakukan perjalanan jauh seperti mudik, tentunya bisa menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, perlunya menjaga daya tahan tubuh secara optimal guna menghindari berbagai masalah kesehatan yang bisa saja terjadi selama perjalanan mudik. Melansir laman alodokter, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat saat mudik.

Konsumsi makanan bernutrisi

Sebelum mudik, perlu mengonsumsi makanan sehat bernutrisi secara teratur. Tak hanya membuat tubuh lebih bertenaga selama perjalanan mudik, mengonsumsi makanan bergizi juga penting dilakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh dalam melawan infeksi.

Selain itu, selama perjalanan mudik sebaiknya hindari konsumsi sembarang makanan atau minuman. Agar lebih terjamin keamanan serta kandungan nutrisinya, Anda bisa membawa bekal sendiri dari rumah untuk makan sahur atau berbuka puasa.

Banyak minum air putih

Saat mudik, Anda mungkin berusaha menghindari banyak minum karena takut akan sering buang air kecil selama perjalanan. Padahal, jika kebutuhan cairan tidak terpenuhi, Anda bisa mudah merasa lelah, mengantuk, dan kehilangan konsentrasi. Sebab itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya.

Mencukupi waktu tidur dan istirahat

Dengan mencukupi waktu tidur, Anda dan keluarga tidak akan mudah terserang penyakit selama perjalanan mudik. Selain itu, risiko terjadinya kecelakaan akibat berkendara dalam kondisi mengantuk dan lelah karena kurang tidur pun dapat dihindari.

Mengelola stres

Salah satu ciri khas perjalanan mudik, misalnya mudik lebaran, adalah lalu lintas yang padat dan kemacetan panjang. Kondisi ini tak jarang membuat Anda stres dan mudah marah, yang merupakan salah satu pemicu turunnya daya tahan tubuh. Agar daya tahan tubuh tetap kuat saat mudik, Anda perlu mengelola stres dengan baik. Cobalah mendengarkan musik atau melakukan teknik relaksasi untuk menenangkan perasaan Anda.

Menerapkan protokol kesehatan

Anda tetap harus menjalankan protokol kesehatan saat mudik. Hal ini penting dilakukan agar Anda dan keluarga selalu terlindungi dari ancaman infeksi virus Corona maupun bakteri dan virus lainnya. Selalu kenakan masker, jaga jarak aman, hindari keramaian, dan rajin cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau menggunakan hand sanitizer selama perjalanan.

Populer video

Berita lainnya