Selain Hiburan, Nonton Film juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Nonton Film
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Meluangkan waktu untuk menonton genre film kesukaan atau aktor favorit memang menjadi kegiatan yang menyenangkan. Nah, Bagi kalian yang suka atau hobi nonton film, ternyata kegiatan ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Khususnya kesehatan mental. Melansir laman sehatQ, berikut ini beragam manfaat dari menonton film untuk kesehatan.

Meningkatkan suasana hati

Selama menjalani aktivitas harian, Anda pasti tak luput dari masalah yang akhirnya membuat rusak suasana hati. Meluangkan waktu sejenak untuk menonton film bisa jadi salah satu mood booster yang membantu memperbaiki suasana hati Anda. Suasana hati yang lebih baik bisa menurunkan risiko stres dan depresi, serta memungkinkan Anda untuk lebih baik dalam menjalani hari.

Sarana relaksasi

Manfaat menonton film yang paling umum tentu saja sebagai sarana relaksasi yang menyenangkan sekaligus menenangkan. Dengan menonton film, Anda bisa sejenak bersantai dari rutinitas harian. Film bisa menjadi media rekreasi dan hiburan yang menyenangkan sekaligus memberikan istirahat dan relaksasi.

Menumbuhkan motivasi

Manfaat menonton film lainnya yang mungkin tak Anda sadari adalah menumbuhkan motivasi. Meluangkan waktu dari rutinitas harian untuk sesuatu yang menyenangkan bisa mengatasi kelelahan dan memotivasi Anda lebih produktif saat kembali beraktivitas. Selain itu, motivasi juga bisa terbangun dari jalan cerita film yang Anda tonton.

Meningkatkan hubungan sosial

Tidak hanya merasa terkoneksi saat menonton bersama keluarga, pasangan atau teman. Setelah menonton, Anda juga bisa membahas film yang telah Anda tonton atau saling mengenal genre film favorit. Malah, ini bisa jadi salah satu topik yang pas untuk mengembangkan percakapan ke arah deep talk.

Mengatasi stres

Film bisa menjadi sarana relaksasi yang mampu memperbaiki suasana hati. Ini juga bisa mencegah sekaligus mengatasi stres atau depresi. Cobalah menonton film komedi yang bisa membuat Anda tertawa. Sebab, tertawa bisa mengurangi kadar hormon stres seperti kortisol dan epinefrin, serta meningkatkan hormon kebahagiaan atau endorfin.

Sarana pembelajaran

Tak hanya menghibur, beberapa film yang Anda tonton mungkin mengangkat topik yang bisa menjadi pengalaman sekaligus pembelajaran bagi Anda pribadi. Manfaat lain dari menonton film juga bisa membantu Anda memahami sudut pandang orang lain sekaligus memperluas pandangan Anda, sekaligus mendidik dan mencerahkan terhadap suatu topik yang dibahas.

Populer video

Berita lainnya