Bersihkan Mesin Cuci Agar Awet dan Bebas Kuman, Begini Caranya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Membersihkan Mesin Cuci
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ritual bersih-bersih rumah biasanya dilakukan masyarakat Indonesia menjelang hari Lebaran. Mungkin ini juga saat yang tepat untukmemeriksa kebersihan mesin cuci Anda. Hal ini penting dilakukan agar mesin cuci awet, higienis, dan tidak menjadi sarang bakteri. Apalagi, banyak orang yang luput memperhatikan kebersihan mesin cuci.

Setidaknya, bersihkan mesin cuci sebulan sekali untuk mengurangi paparan bakteri dan infeksi. Meskipun sekarang ini ada juga mesin cuci yang mempunyai fitur ‘sanitize’, sehingga ototmatis melakukan pembersihan. Melansir laman sehatQ, berkit ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan mesin cuci dengan efektif.

Bersihkan area tabung

Tabung mesin cuci adalah tempat Anda menaruh pakaian, handuk, lap, sprei, atau kain kotor. Jadi, Anda bisa membersihkan area tabung terlebih dahulu. Coba gunakan cairan khusus pembersih mesin cuci. Anda juga bisa menggunakan bahan alami, seperti cuka atau perasan lemon. Biarkan selama beberapa menit, lalu tambahkan 1 cangkir soda kue.

Tuangkan air panas pada tabung sampai penuh, lalu nyalakan mesin cuci pada pengaturan mencuci dalam waktu paling lama. Setelah selesai, lap area dalam tabung menggunakan lap hangat.

Bersihkan area lainnya

Kalau Anda menggunakan mesin cuci jenis front loading, jangan lupa untuk membersihkan area tempat deterjen, pelembut, dan juga bagian pintu. Pada tempat deterjen dan pelembut, rendam menggunakan cairan khusus atau bahan alami seperti penjelasan sebelumnya, dengan menggunakan air panas. Setelah itu, sikat seluruh area tersebut sampai benar-benar bersih dan bilas.

Perhatikan segel karet

Pada mesin cuci front loading juga terdapat segel karet pada area pintu atau penutup. Coba bersihkan dengan menggunakan cairan khusus yang dicampur dengan air hangat. Bersihkan menggunakan sikat atau lap secara menyeluruh, pada area pintu dan karet bagian dalam.

Membersihkan bagian luar mesin cuci

Gunakan lap hangat atau semprot lap dengan cairan pembersih serbaguna. Lalu, bersihkan bagian atas, samping, juga belakan mesin cuci. Jangan lupa untuk membersihkan area tombol, kenop, pintu mesin cuci, atau area yang sulit dijangkau.

Periksa bagian saringan

Mesin cuci juga mempunyai filter atau saringan yang sebaiknya Anda periksa serta membersihkannya secara teratur. Anda perlu mengetahui lebih lanjut bagaimana caranya, karena setiap jenis mesin cuci berbeda. Apabila semua bagian mesin cuci sudah bersih, buka dulu pintu atau penutupnya agar mengering dengan sendirinya serta bagian dalam tidak lembap.

Populer video

Berita lainnya