Simak Manfaat Puasa bagi Kecantikan Kulit Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Kecantikan Kulit
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Puasa memang memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Bahkan beberapa studi mengatakan, puasa dapat menurunkan resistensi insulin sehingga sensitivitas tubuh terhadap hormon tersebut jadi meningkat. Nyatanya tak hanya baik untuk tubuh saja, puasa juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Melansir laman klikdokter, berikut manfaatnya bagi kecantikan kulit Anda.

Meremajakan kulit

Puasa meningkatkan produksi human growth hormone (HGH) atau hormon pertumbuhan manusia di dalam tubuh. Hormon tersebut yang membantu meremajakan kulit dengan meningkatkan elastisitasnya sehingga kulit terlihat lebih muda dan segar. Berpuasa juga dapat membantu meregenerasi sel di dalam tubuh sehingga membuat kulit Anda lebih bercahaya.

Mengurangi tanda penuaan kulit

Berpuasa secara rutin dapat meningkatkan produksi antioksidan yang dapat mencegah penuaan dan kerutan di kulit. Tidak hanya itu, antioksidan yang muncul selama berpuasa juga bisa mencegah jerawat dan komedo timbul. Puasa juga bisa mengembalikan keseimbangan mikrobioma yang pada akhirnya dapat membuat kulit jadi lebih bersih.

Mengurangi peradangan

Puasa dapat membantu mengurangi peradangan dengan cara meningkatkan jumlah antioksidan di dalam tubuh. Nantinya, antioksidan akan bekerja menangkal radikal bebas yang sering menyebabkan peradangan di kulit.

Detoksifikasi kulit

Puasa berfungsi sebagai detoksifikasi kulit wajah karena asupan kalori yang berkurang saat puasa dapat membantu menyeimbangkan metabolisme tubuh dan meningkatkan kadar antioksidan. Detoksifikasi ini juga bisa membantu meredakan kondisi kulit, seperti psoriasis, eksim, atau jerawat.

Mengurangi jerawat

Saat puasa, tubuh melakukan sistem regeneratif sel yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan jerawat. Beberapa penelitian menyatakan bahwa selama berpuasa, aktivitas kelenjar minyak menurun sampai 40 persen sehingga dapat mempengaruhi jerawat. Namun perlu diingat, kurangi makan makanan dengan indeks glikemik tinggi saat berbuka.

Membantu mempercepat penyembuhan luka

Puasa diyakini dapat membantu penyembuhan luka kulit lebih cepat dan memperbaiki sel tubuh atau kulit yang rusak. Diduga, manfaat penyembuhan didapat karena puasa bisa meregenerasi sel dalam tubuh, termasuk di kulit. Ketika sel-sel rusak diganti dengan yang baru atau sehat, proses penyembuhan luka pun berjalan lebih cepat.

Populer video

Berita lainnya