Pilihan Jenis Musik yang Tepat Didengarkan saat Belajar

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Belajar
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mendengarkan musik memiliki beragam manfaat bagi yang mendengarkannya. Mulai dari meningkatkan suasana hati, meningkatkan motivasi, hingga mengatasi rasa lelah dan stres. Selain itu, mendengarkan musik saat belajar juga disebut dapat membantu meningkatkan kerja otak, konsentrasi, dan kewaspadaan.

Namun sebaliknya, mendengarkan jenis musik yang tidak tepat saat belajar justru berisiko menyebabkan kamu terdistraksi, menurunkan daya ingat, dan menurunkan kemampuan untuk memahami materi. Agar manfaat mendengarkan musik untuk belajar bisa dirasakan dengan maksimal, Anda perlu memilih jenis musik yang tepat. Melansir laman alodokter, berikut ini beberapa di antaranya:

Musik klasik

Musik klasik adalah salah satu jenis musik yang paling cocok untuk didengarkan. Pasalnya, musik klasik memiliki nada dan melodi yang lembut, sehingga tidak akan mengganggu konsentasimu saat belajar.

Selain tidak menggangu konsentrasi, salah satu penelitan juga menyebutkan bahwa dengan mendengarkan musik klasik saat belajar justru dapat meningkatkan daya ingat. Pada penelitian tersebut, orang yang membaca sambil mendengarkan musik klasik akan lebih mampu mengingat isi bacaannya daripada yang tidak.

Musik instrumental

Walau nada dan melodinya tidak selembut musik klasik, tetapi musik instrumental juga bisa dijadikan pilihan untuk didengarkan saat belajar. Sebab, dalam musik instrumental tidak terdapat lirik lagu yang dapat mendistraksimu dari bacaan atau materi yang sedang kamu pelajari.

Perhatikan juga tempo musik instrumental yang kamu dengarkan, ya. Alih-alih mendengar musik instrumental dengan tempo cepat, sebaiknya pilihlah musik instrumental dengan tempo yang lambat, agar konsentrasimu saat belajar tetap bisa terjaga.

Rekaman suara alam

Rekaman suara alam dipercaya dapat membuatmu lebih rileks, sehingga belajar bisa terasa lebih menyenangkan. Nah, beberapa suara alam yang bisa kamu coba dengarkan saat belajar adalah suara rintik hujan, ombak, air terjun, aliran sungai, gemerisik daun, atau kicauan burung.

White noise

White noise adalah suara yang frekuensinya terdengar konsisten, stabil, dan merata, sehingga bisa meredam kebisingan di sekitar. Sebuah studi menyatakan, mendengarkan white noise saat sedang belajar bisa membantu mempertahankan fokus dan meningkatkan daya ingat.

Populer video

Berita lainnya