Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Perut Buncit
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Perut buncit merupakan salah satu masalah yang kerap dialami sebagian besar orang. Tak hanya mengganggu penampilan, penumpukan lemak yang menjadi penyebab perut buncit juga dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Tak heran jika perut rata dan tampak kencang pun menjadi sebuah impian.

Idealnya, diet bergizi seimbang dan olahraga teratur menjadi cara untuk menurunkan berat badan, sekaligus mengecilkan perut buncit. Tapi bagaimana dengan mereka yang tidak sempat berolahraga setiap harinya? Tak perlu khawatir, Anda tetap bisa mengecilkan perut yang buncit, kok.

Hanya saja, asupan makanan sehari-hari harus benar-benar diperhatikan. Melansir laman alodokter, ada beberapa cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga yang bisa Anda coba terapkan.

Konsumsi makanan tinggi serat dan protein

Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan tinggi protein memiliki lemak perut lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang kurang mengonsumsi makanan berprotein. Mengonsumsi makanan tinggi protein dapat mengurangi kadar hormon lapar sehingga dapat meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan nafsu makan.

Selain protein, jangan lupa untuk memasukkan makanan berserat ke dalam menu makanan sehari-hari. Hal ini karena jenis serat larut atau soluble fiber bisa menurunkan berat badan dengan memberikan efek kenyang lebih lama. Sumber serat larut meliputi mie shirataki, alpukat, dan polong-polongan.

Batasi asupan gula dan karbohidrat olahan

Banyak studi yang menunjukkan bahwa gula merupakan penyebab utama penumpukan lemak perut. Oleh karena itu, salah satu cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga adalah dengan menghindari atau membatasi asupan gula dan produk berbasis gula, seperti jus dan minuman bersoda.

Selain itu, membatasi karbohidrat olahan juga dinilai sebagai cara tercepat untuk mengecilkan perut buncit. Asupan tinggi karbohidrat olahan, seperti tepung, roti tawar, kue kering, pasta, permen, dan sereal, dapat menimbulkan lemak perut yang berlebihan.

Batasi asupan minuman beralkohol

Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga berpengaruh terhadap peningkatan lemak di bagian perut. Tak hanya itu, konsumsi jenis minuman ini secara terus-menerus juga dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan lain, seperti hepatitis, sirosis, bahkan kanker.

Kelola stres dengan baik

Stres berlebihan dapat berkontribusi terhadap penumpukan lemak di perut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar hormon stres yang tinggi bisa meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak perut. Jadi, lakukanlah aktivitas menyenangkan yang dapat menghilangkan stres, misalnya yoga, meditasi, atau mendengarkan musik.

Cukup waktu tidur

Tidur yang cukup memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk mengontrol berat badan. Kurang tidur malam bahkan dikaitkan dengan peningkatan rasa lapar terus-menerus, sehingga memicu penumpukan lemak perut. Oleh karena itu, usahakan untuk tidur dengan cukup dan berkualitas minimal 7 jam setiap malam.

Populer video

Berita lainnya