Tips Mencegah Mata Kering saat Berkendara Sepeda Motor

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Naik Sepeda Motor
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mata merah dan kering menjadi masalah yang seringkali terjadi saat berkendara sepeda motor. Kondisi ini dipicu karena paparan asap kendaran yang merusak permukaan okular mata sehingga menimbulkan ketidakstabilan pada lapisan air mata. Salah satu gangguan mata yang paling sering terjadi karena polusi adalah iritasi mata.

Tentunya kondisi ini tak boleh dibiarkan begitu saja. Lantas, bagaimana tips aman dan nyaman berkendara motor agar terhindar dari mata merah dan kering? Melansir laman hellosehat, berikut cara mencegah mata kering bagi Anda yang sering naik sepeda motor.

Memakai Helm Full-Face

Selain melindungi diri dari potensi kecelakaan, menggunakan helm full face akan membantu mengurangi paparan polusi, debu, dan benda-benda kecil lainnya langsung mengenai mata. Menggunakan helm full face saat berkendara juga membantu mengurangi risiko mata kering dan merah akibat penguapan air mata dari tiupan angin.

Tidak Menggaruk Mata

Gejala yang timbul akibat mata kering ada rasa gatal, sensasi terbakar dan mengganjal. Namun, usahakan untuk tidak menggaruknya. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan mata yang lebih parah. Pasalnya menggaruk mata saat debu masuk ke mata akan menyebabkan kornea tergores.

Hindari Menggunakan Lensa Kontak Saat Berkendara

Menggunakan lensa kontak saat naik sepeda motor sangat tidak direkomendasikan. Pasalnya, mata akan menjadi kering ketika tertiup angin. Sementara saat menggunakan lensa kontak kelembapan mata harus terjaga. Alasan lainnya, lensa kontak berisiko untuk kotor karena terkena debu kendaraan. Hal ini nantinya akan memperparah kondisi mata.

Gunakan Tetes Mata Saat Mata Mengalami Iritasi Ringan atau Kondisi kering

Tetes mata merupakan cara yang paling umum untuk mencegah mata merah dan kering bagi Anda yang setiap hari berkendara motor. Ini menjadi tips aman dan nyaman berkendara motor yang tak boleh diabaikan. Anda dapat menemukan tetes mata di apotek terdekat. Jangan lupa untuk membeli tetes mata sesuai dengan kebutuhan.

Populer video

Berita lainnya