Waspadai Penyebab Kulit Menjadi Kering

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setiap orang tentu mendambakan memiliki kulit yang sehat dan tidak kekeringan. Pasalnya, sudah tentu kulit yang kering dapat mengganggu penampilan seseorang, hingga menurunkan rasa percaya diri. Jika memang demikian, melansir laman klikdokter, berikut ini berbagai penyebab kulit kering yang mesti Anda diwaspadai.

Jenis kulit

Jenis kulit setiap orang berbeda-beda. Ada yang cenderung kering, berminyak, sensitif, normal, dan lainnya. Jadi, salah satu alasan kenapa kulit kering adalah karena faktor genetik. Jika Anda termasuk orang yang terlahir dengan kulit kering, sebaiknya taruh perhatian khusus dalam merawatnya agar kelembapan kulit senantiasa terjaga.

Cuaca

Cuaca dapat memengaruhi kondisi kulit Anda. Faktanya, kulit cenderung menjadi lebih kering saat cuaca dingin dan kelembapan udara berkurang. Karena itu, jika cuaca sedang dingin dan kering, berikanlah perhatian lebih pada kulit agar hidrasinya tetap terjaga sehingga tidak terjadi kekeringan.

Tidak merawat kulit

Pada dasarnya, kulit yang kenyal dan lembap dapat diwujudkan dengan perawatan yang baik. Contohnya, dengan menggunakan losion, body oil, body butter, ataupun jenis pelembap lainnya.

Jarang eksfoliasi

Seiring bertambahnya usia, perkembangan sel di kulit akan melambat sehingga menyebabkan banyak sel kulit mati. Nah, jika tidak dibersihkan, sel kulit mati dapat membuat kulit tampak kering. Karenanya, tindakan pengelupasan sel kulit mati (eksfoliasi) juga dapat sangat membantu.

Kurang minum

Kondisi kulit yang kering bisa dipicu oleh kurang minum air putih. Sebab, ecukupan cairan dalam tubuh itu penting agar kulit tetap terhidrasi. Secara umum, Anda disarankan untuk minum air putih sebanyak delapan gelas setiap harinya. Jika kulit tetap kering, mungkin Anda perlu minum lebih banyak lagi.

Iktiosis

Iktiosis merupakan penyakit keturunan yang ditandai dengan adanya kulit kering menyerupai sisik ikan. Penyakit kulit kering ini berlangsung seumur hidup, dan umumnya gejala timbul pada masa kanak-kanak. Beberapa obat atau penyakit tertentu seperti gagal ginjal, kanker, dan infeksi HIV dapat mencetuskan iktiosis.

Psoriasis

Kondisi ini tidak menular dan dipicu oleh faktor genetik. Selain kulit kering, keluhan lainnya berupa bercak merah yang tertutup sisik putih tebal pada lutut, kulit kepala, siku, punggung, serta tungkai bawah.

Populer video

Berita lainnya