Bikin Gak Pede? Begini Cara Jitu Hilangkan Bau Mulut

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bau Mulut Akibat Penyakit
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bau mulut menjadi masalah yang sangat mengganggu. Bukan hanya menurunkan rasa percaya diri, orang yang mengalaminya juga bisa menjadi tidak nyaman saat bergaul. Lantas apa saja penyebab bau mulut dan bagaimana cara mengatasinya?

Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan bau mulut. Utamanya adalah masalah pada gigi dan mulut, seperti gigi berlubang dan masalah gusi. Selain itu, bau mulut juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes, gangguan hati, infeksi saluran pernapasan seperti bronkitis kronis, gangguan pencernaan dan lainnya. Nah, melansir laman halodoc, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Menjaga kebersihan mulut dan gigi

Guna menghindari bau mulut, penting untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan baik. Caranya dengan menggosok gigi minimal dua kali dalam sehari. Dilanjut dengan teknik flossing untuk menghilangkan sisa makanan di sela gigi. Kemudian, berkumur dengan larutan mouthwash yang tidak mengandung alkohol.

Perbanyak serat dan air putih

Konsumsi makanan tinggi serat baik untuk membantu menunjang metabolisme tubuh. Hal tersebut dapat mencegah bau mulut dan gangguan pencernaan, sekaligus mengatasinya. Sedangkan memperbanyak minum air putih dapat mencegah mulut menjadi kering yang merupakan penyebab bau mulut.

Kunyah permen karet

Mengunyah permen karet menjadi salah satu cara mengatasi bau mulut. Guna menunjang fungsinya, pilih permen karet bebas gula dan mengandung xylitol. Zat ini sangat ampuh melawan bau mulut dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Konsumsi yoghurt

Mengonsumsi 85 gram yoghurt bebas gula, sebanyak dua kali sehari dalam enam minggu dinilai ampuh dalam mengatasi bau mulut. Hal tersebut dikarenakan yoghurt dapat membantu menurunkan kadar senyawa sulfida yang menjadi penyebab bau mulut tidak sedap.

Hentikan kebiasaan tidak sehat

Cara mengatasi bau mulut selanjutnya dilakukan dengan menghentikan kebiasaan tidak sehat seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol, dan kafein. Hindari juga beberapa jenis makanan yang memiliki bau menyengat, seperti jengkol, petai, bawang, dan terasi.

Populer video

Berita lainnya