Tips Membangun Kepercayaan dalam Sebuah Hubungan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Emosi Dasar berhubungan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kepercayaan merupakan salah satu kunci utama agar sebuah hubungan menjadi langgeng dan bahagia. Saat hubungan dilandasi rasa percaya yang kuat, maka konflik cenderung bisa lebih mudah diatasi. Anda dan pasangan pun akan lebih dekat satu sama lain.

Hanya saja, kepercayaan dalam hubungan tidak bisa muncul begitu saja. Harus ada usaha agar kepercayaan di antara pasangan bisa terjalin. Melansir laman klikdokter, berikut tips membangun kepercayaan dalam sebuah hubungan, agar Anda dan si dia bahagia.

Jangan bohongi pasangan

Hindari membohongi pasangan jika Anda ingin menumbuhkan kepercayaan pada sebuah hubungan. Saat Anda berbohong dan pasangan mengetahuinya, maka ia bisa saja tidak memercayai Anda lagi. Jadi, bersikaplah jujur meskipun hanya kesalahan kecil.

Terbuka dengan pasangan

Terbuka tentang kemampuan dan kekurangan diri bisa meningkatkan kedekatan dalam hubungan. Karena, Anda dan pasangan bisa saling membantu dan memberi dukungan. Kedekatan dan dukungan yang terjalin dalam hubungan lambat laun akan membuat rasa percaya muncul.

Hargai pasangan

Menghargai orang lain merupakan dasar dari suatu hubungan, termasuk hubungan percintaan. Saat kedekatan dengan pasangan sudah terjadi, maka rasa hormat harus tetap terjaga, bukan justru dihilangkan. Bila Anda atau pasangan tidak saling menghormati, hal ini bisa saja merusak jalinan asmara. Kepercayaan nantinya dapat sulit terbentuk.

Singkirkan rasa curiga

Rasa curiga kepada pasangan cukup umum terjadi, khususnya bila tidak terlalu sering bersama. Namun, jangan biarkan kecurigaan tersebut menguasai diri hingga kerap berprasangka buruk tanpa alasan jelas. Cari tahu dulu kebenaran dari hal-hal yang membuat Anda ragu atau curiga. Dengarkan penjelasan pasangan dan usahakan lakukan komunikasi yang baik.

Ungkapkan perasaan

Untuk menciptakan kedekatan dan rasa percaya dalam hubungan, sebaiknya jangan tutupi perasaan dan isi pikiran Anda. Bila tidak jujur, pasangan pun tidak akan tahu apa yang Anda rasakan. Ketika Anda dan pasangan saling terbuka, masing-masing bisa menumbuhkan kepercayaan terhadap satu sama lain. Hal ini relatif lebih baik dibanding mengetahui suatu hal bukan dari pasangan, melainkan orang lain.

Satukan perbedaan

Anda dan pasangan tentunya memiliki latar belakang yang berbeda, mulai dari hobi, gaya hidup, dan lainnya. Agar bisa lebih dekat dan saling percaya, cobalah untuk “menyatukan” perbedaan dan bertoleransi. Kembali lagi, komunikasi merupakan salah satu kunci pentingnya.

Perbaiki kesalahan yang pernah dilakukan

Setiap orang pasti pernah membuat kesalahan. Namun, di balik kesalahan itu, Anda harus jujur dan mengakui kesalahan yang telah dibuat. Agar kesalahan tersebut tidak merusak hubungan, Anda perlu berkomitmen untuk memperbaikinya dan tidak mengulanginya lagi.

Populer video

Berita lainnya