Cara Ampuh Mengobati Masalah Salah Bantal

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Salah Bantal
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin Anda pernah mengalami sakit di bagian leher saat bangun tidur. Biasanya kondisi ini disebut dengan istilah salah bantal. Istilah ini muncul karena penyebabnya sering dikaitkan dengan salah memposisikan bantal saat tidur atau posisi tidur tidak tepat.

Ketika posisi tubuh atau bantal yang digunakan tidak tepat, maka dapat membuat otot jadi tegang. Akhirnya, Anda akan merasa leher kaku, kadang disertai rasa nyeri. Tentunya kondisi ini bisa memperlambat gerak tubuh dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, melansir laman hellosehat, berikut cara mengatasi salah bantal.

Kompres es dan air hangat

Redakan rasa kaku dan nyeri pada otot yang menegang dengan cara menempelkan kompres es dan air hangat pada leher. Caranya, cukup bungkus batu es menggunakan handuk lalu tempelkan pada leher yang kaku selama 10 menit. Lakukan selama dua sampai tiga hari ketika keluhan itu muncul.

Anda juga dapat mengoleskan gel atau krim dengan kandungan pereda nyeri. Ini dapat membantu mengurangi nyeri yang Anda rasakan selama otot leher Anda tegang.

Lakukan peregangan leher

Lakukan latihan peregangan sederhana untuk mempercepat pemulihan dan mencegah salah bantal kambuh di kemudian hari. Anda bisa menerapkan latihan ini dengan memantapkan pandangan lurus ke depan. Kemudian, tarik sedikit dagu ke atas dan posisikan kepala ke belakang. Lakukan gerakan ini secara perlahan. Tahan selama lima detik dan ulangi sebanyak lima kali.

Perbaiki posisi tidur dan bantal

Supaya masalah salah bantal yang dirasakan tidak semakin bertambah parah, coba perbaiki kembali posisi tidur dan pilihan bantal Anda. Salah bantal sering kali terjadi ketika Anda tidur tengkurap. Oleh karena itu sebaiknya hindari tidur dengan posisi ini.

Kemudian coba perhatikan kembali bagaimana kondisi bantal Anda. Jika bantal yang Anda gunakan sangat kaku dan terlalu tinggi, ini akan membuat leher kaku menjadi lebih parah. Ganti segera dengan bantal berbulu yang lebih empuk dan bentuknya bisa menyesuaikan dengan leher Anda.

Minum obat pereda nyeri

Cara selanjutnya untuk mengobati salah bantal adalah minum obat pereda nyeri. Pilihan perawatan untuk otot leher yang kaku ini sebenarnya menjadi pilihan terakhir jika cara alami tidak efektif dalam meredakan gejala. Perlu diingat, meski penggunaan obat ini bebas alias tanpa resep dokter, Anda tidak boleh sembarangan meminumnya.

Populer video

Berita lainnya