Cara Efektif Menghilangkan Bau Pesing pada Kasur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kasur Bau Pesing
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – kasus bau pesing merupakan hal yang tidak bisa dihindari bagi Anda yang memiliki anakyang masih suka mengompol. Bukan hanya aromanya yang menyengat, noda ompol juga tidak mudah dihilangkan. Nah, ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk membuat kasur kembali bersih.

Kasur yang bau pesing dan kotor harus segera dibersihkan. Karena kalau tidak, bisa menjadi sarang kuman yang berbahaya bagi kesehatan. Ada kalanya juga kasur harus diganti dengan yang baru agar kualitas tidur dan kesehatan secara keseluruhan bisa tetap terjaga. Melansir laman sehatQ, berikut ini beberapa cara menghilangkan bau pesing dari kasur.

  • Kumpulkan dan segera cuci perlengkapan tidur yang terkena noda (seprai, bed cover, sarung bantal dan sebagainya).
  • Gunakan handuk, lap, kain, popok, atau apa pun yang dapat menyerap cairan. Jangan menggosok permukaan kasur karena dapat menyebabkan cairan menyebar. Tekan dengan perlahan hingga cairan terserap sebanyak mungkin.
  • Buat larutan air dan cuka suling dengan perbandingan 1:1 lalu masukkan ke dalam botol semprot.
  • Semprotkan larutan cuka pada area yang terkena noda.
  • Serap kembali kelembapan yang berlebih dengan menggunakan handuk atau lap.
  • Lapisi area yang ternoda dengan soda kue yang banyak. Biarkan soda kue di permukaan kasur selama mungkin, setidaknya 8 jam.
  • Bersihkan soda kue dengan mengguna vakum.
  • Jika masih ada tanda-tanda noda dan bau pesing, ulangi langkah penyemprotan dengan cuka dan taburan soda kue hingga noda dan bau benar-benar hilang.

Untuk menghilangkan bau pesing pada kasur yang sudah mengering atau sudah cukup lama, Anda memerlukan formula yang lebih kuat. Beberapa bahan yang dapat Anda gunakan antara lain:

Pasta soda kue

Cara menghilangkan bau pesing pada kasur yang sudah lama dapat dengan membuat pasta dari satu cangkir baking soda dengan satu sendok makan air;

  • Oleskan pasta dengan menggunakan sikat berbulu lembut ke seluruh permukaan kasur yang berbau pesing.
  • Biarkan hingga benar-benar kering, direkomendasikan setidaknya selama empat jam.
  • Vakum pasta baking soda setelah kering hingga bersih.

Cuka putih suling

Cuka putih suling bersifat asam, sehingga dapat membantu menetralkan komponen dalam urin dan menghilangkan bau pesing pada kasur. Caranya cukup dengan menyemprotkan cuka suling putih ke area yang berbau pesing.

Cara menghilangkan bau pesing ini memang akan membuat kasur mengeluarkan bau cuka yang tajam. Namun, aromanya perlahan akan hilang setelah kasur mengering.

Hidrogen peroksida

Cara menghilangkan bau pesing pada kasur selanjutnya adalah dengan menggunakan hidrogen peroksida yang bisa Anda dapatkan dari toko obat. Pilih hidrogen peroksida dengan konsentrasi 3%. Semprotkan dengan menggunakan botol semprot ke area yang terkena ompol dan biarkan mengering dengan sendirinya.

Steam Clean

Steam clean juga bisa menjadi pilihan cara menghilangkan bau pesing pada kasur. Anda mungkin akan membutuhkan waktu sekitar 12 jam untuk membersihkan dan mengeringkan kasur.

Populer video

Berita lainnya