Diet? Ini Ciri-Ciri Berat Badan Anda Mulai Turun

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ciri Berat Badan Turun
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Saat menjalani program diet, Anda tentunya tidak sabar untuk melihat hasil dari usaha yang dijalani. Nyatanya, mungkin Anda tidak menyadari tubuh mulai menunjukkan ciri-ciri berat badan anda sudah menyusut. Sebab, ciri berat badan turun tidak berdampak pada tampilan fisik saja. Melansir laman hellosehat, berikut ini beberapa tanda berat badan turun yang bisa Anda amati.

Pakaian terasa lebih longgar

Ciri-ciri berat badan mulai turun bisa Anda rasakan ketika berpakaian. Pakaian akan terasa longgar di bagian paha, pinggul, dan perut. Anda mungkin perlu mengenakan celana yang dengan ukuran yang lebih kecil. Tanda penurunan berat badan ini menunjukkan lemak visceral Anda telah berkurang.

Lemak visceral sendiri adalah lemak yang ada pada mengelilingi organ tubuh Anda. Penumpukan lemak ini menyebabkan perut buncit dan pinggul melebar.

Otot terasa lebih kencang

Program penurunan berat badan akan bekerja optimal bila Anda mengimbanginya dengan olahraga, terutama latihan kekuatan otot. Jika penurunan berat badan terlalu drastis, tubuh sebenarnya malah kehilangan kadar air dan massa otot, bukan lemak. Akibatnya, otot anggota gerak mengendur.

Jadi, ciri-ciri berat badan mulai turun dengan normal ditandai dengan meningkatnya masa otot. Anda bisa merasakan otot trisep di lengan dan bahu terasa lebih kencang.

Lebih mudah mengontrol nafsu makan

Ciri berat badan mulai turun tidak hanya bisa diamati dari perubahan tubuh. Selera makan pun bisa lebih terkendali saat berat badan berkurang. Saat diet, Anda mengonsumsi serat dan protein lebih banyak. Serat dari sayur dan buah dicerna tubuh lebih lama. Rasa kenyang pun bertahan lebih lama.

Selain itu, asupan kaya protein meningkatkan hormon peptida YY pada darah. Hormon ini akan memberikan sinyal ke tubuh agar meningkatkan rasa kenyang.

Tidak lagi mendengkur saat tidur

Mendengkur bisa menjadi ciri-ciri berat badan berlebih. Hal ini disebabkan penumpukan lemak pada leher sehingga mempersempit jalur pernapasan dan menghambat sirkulasi udara sehingga membuat Anda mudah mendengkur. Kadar lemak leher yang berkurang membuat pernapasan lebih lancar. Maka dari itu, tidak lagi mendengkur bisa menjadi salah satu ciri-ciri berat badan mulai turun.

Nyeri tubuh berkurang

Saat berat badan Anda naik, tak jarang Anda akan merasakan nyeri pada betis maupun pergelangan kaki. Bobot tubuh yang terlalu berat akan menekan sendi-sendi tubuh bagian bawah. Jadi, tak heran bila kelebihan berat badan menimbulkan rasa sakit.

Saat berat badan turun, tubuh tidak perlu menyangga bobot tubuh yang lebih berat. Jadi, tak lagi merasakan kaki pegal-pegal bisa menjadi tanda berat badan mulai turun.

Suasana hati membaik

Selama diet, Anda disarankan menghindari makanan tinggi gula. Rupanya, mengurangi asupan gula tambahan membantu memperbaiki mood.

Menurut penelitian pada jurnal Appetite, makanan yang memicu lonjakan gula darah mampu meningkatkan gejala depresi hingga 38%. Jadi, saat Anda diet dan suasana hati terasa lebih baik, ada kemungkinan ini adalah ciri-ciri berat badan Anda mulai turun.

Tekanan darah turun

Orang dengan berat badan berlebih lebih rentan mengalami tekanan darah tinggi. Pasalnya, penumpukan lemak bisa menyebabkan peradangan di pembuluh darah. Sedangkan ciri-ciri penurunan berat badan secara ideal adalah berkurangnya lemak, terutama lemak perut. Pengurangan lemak mengurangi risiko inflamasi. Jika setelah diet tekanan darah mulai kembali normal, ini bisa menandakan berat badan mulai turun.

Populer video

Berita lainnya