Dahak Mengganjal di Tenggorokan? Simak Cara Mengeluarkannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Mengeluarkan Dahak
Foto: Istimewa

Celebrirhink.com – Tenggorokan gatal dan kering akibat batuk berdahak memang sangat mengganggu. Saat saluran pernapasan terganggu karena peradangan atau infeksi, tubuh akan menghasilkan lebih banyak dahak. Hal ini bisa membuat dahak menumpuk dan menjadi lebih kental, sehingga lebih sulit dikeluarkan.

Jika sudah begitu, Anda biasanya akan berusaha mengeluarkan dahak dengan cara batuk terus-menerus, sehingga menimbulkan rasa nyeri, gatal, atau kering di tenggorokan. Nah, agar tenggorokan dapat terasa lega kembali, ada berbagai cara mengeluarkan dahak dengan mudah seperti dilansir dari laman alodokter.

Minum air putih

Saat batuk berdahak, Anda bisa minum air putih hangat untuk mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan sekaligus meredakan rasa sakit pada tenggorokan. Selain air putih, Anda juga bisa minum teh hangat dengan madu untuk meringankan gejala sakit tenggorokan.

Kumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam baik untuk mengatasi sakit tenggorokan dan mengencerkan dahak agar mudah dikeluarkan. Anda hanya perlu menambahkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Setelah itu, aduk hingga rata lalu berkumurlah selama 30–60 detik dan lakukan sebanyak 3 atau 4 kali sehari sesuai kebutuhan.

Konsumsi makanan dan minuman yang baik untuk pernapasan

Beberapa studi menyatakan bahwa makanan tertentu, seperti buah-buahan, bawang putih, lemon, dan jahe, dapat mengencerkan dahak serta membersihkan saluran pernapasan dari kuman dan virus. Berbagai jenis teh seperti teh jahe, teh kamomil, teh peppermint, atau teh herbal lainnya, juga dapat dikonsumsi untuk mengencerkan dahak.

Selain itu, makanan pedas seperti cabai, lada, dan paprika, juga bisa meredakan batuk berdahak. Manfaat ini berasal dari kandungan capsaicin yang bisa mengencerkan dahak dan mengatasi batuk.

Mandi air hangat

Menghirup uap hangat atau mandi air hangat bisa memudahkan pengeluaran dahak di tenggorokan. Ini karena uap hangat dan lembap yang masuk ke hidung bisa melembapkan saluran pernapasan, sehingga dapat mengencerkan dahak serta melebarkan jalan napas agar lendir lebih mudah keluar.

Gunakan pelembap udara atau humidifier

Anda bisa menggunakan humidifier atau alat pelembap ruangan untuk meningkatkan kelembapan ruangan. Udara yang lembap bisa mengurangi iritasi pada saluran pernapasan dan mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan dari tubuh.

Gunakan minyak esensial eukaliptus

Anda bisa menambahkan minyak esensial ini saat mandi air hangat atau ke dalam diffuser. Uap panas yang mengandung eukaliptus diduga dapat mengencerkan dahak, mengurangi radang, dan membunuh kuman.

Populer video

Berita lainnya