Hindari Kebiasaan Ini Agar Terhindar dari Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Menghilangkan Bibir Hitam
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Beberapa orang mengeluhkan kondisi bibir mereka yang kering dan pecah-pecah. Bagi wanita, memakai lipstik mungkin bisa sedikit membantu mengatasi masalah tersebut. Bagaimana dengan pria?

Bibir dapat pecah dan kering ketika mereka kehilangan kelembapan karena terpapar sinar matahari, angin, atau udara dingin. Pasalnya, bibir berbeda dengan bagian kulit lainnya. Ia tidak memiliki melanin, pigmen yang membantu melindungi kulit dari sinar matahari sehingga bibir rentan terkena sunburn.

Bibir juga tidak mempunyai kelenjar minyak seperti kulit yang berfungsi untuk menjaga kelembapan pada kulit, sehingga kelembapan bibir dapat cepat menghilang. Melansir laman helloSEHAT, berikut ini beberapa penyebab utama bibir kering antara lain di bawah ini.

Bernapas lewat mulut

Bagi Anda yang suka napas melalui mulut saat sedang membutuhkan banyak oksigen, sebaiknya kurangi kebiasaan ini. Bernapas melalui mulut dapat membuat bibir kering karena udara yang lewat saat bernapas dapat menghilangkan kelembapan bibir.

Menjilat bibir

Bibir juga bisa kering dan pecah-pecah lantaran seringnya menjilat bibir. Anda mungkin akan menjilat bibir ketika bibir merasa kering untuk melembapkannya. Namun yang terjadi justru membuat bibir menjadi kering. Menjilat bibir membuat bibir lembap hanya dalam waktu singkat. Kelembaban ini akan menghilang karena cepat menguap dan membuat bibir menjadi kering kembali.

Enzim

Enzim pada cairan ludah berfungsi untuk memecah zat gizi pada makanan saat pertama kali masuk ke mulut. Ternyata enzim ini melakukan hal yang sama pada bibir, sehingga bibir Anda cepat kering. Kebiasaan menggigit bibir juga dapat membuat bibir Anda kering.

Kekurangan zat gizi

Bibir kering bisa menjadi tanda tubuh sedang kekurangan zat gizi tertentu, seperti asupan folat (vitamin B9) dan riboflavin (vitamin B2). Bibir kering juga dapat menjadi tanda dehidrasi atau tubuh sedang kekurangan cairan.

Populer video

Berita lainnya