Cara Mudah Mengatasi Mata Bintitan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mata Bintitan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin sebagian dari kalian pernah mengalami bintitan. Ya, meski kondisi tersebut jarang menyebabkan sesuatu yang serius, namun keberadaannya sangat mengganggu. Selain membuat penglihatan menjadi terganggu, bintitian membuat seseorang menjadi kurang percaya diri.

Bintitan atau hordeolum merupakan benjolan pada kelopak mata yang disertai dengan tanda peradangan. Bintitan dipicu oleh infeksi bakteri, tidak berbahaya, dan biasanya akan hilang sendiri dalam 1-2 minggu. Nah, sebelum memutuskan ke dokter, ada beberapa cara mengatasi mata bintitan yang dapat Anda lakukan di rumah, seperti dilansir dari laman klikdokter.

Cuci Tangan Sebelum Menyentuh Area Mata

Cara untuk menghilangkan bintitan di mata adalah dengan menjaga kebersihan tangan sebelum menyentuh mata. Pasalnya, mata bintitan bisa disebabkan oleh daerah sekitar kelopak mata yang kotor. Kotoran tersebut dapat menyumbat kelenjar pada kelopak mata sehingga timbul bintitan.

Karenanya, sangat penting untuk mencuci tangan sebelum menyentuh mata. Bahkan, sebelum memberikan obat mata—baik tetes atau salep mata—sangat disarankan untuk mencuci tangan dengan bersih sebelumnya.

Bersihkan Mata dengan Air dan Sabun

Saat mengalami bintitan, menjaga kebersihan daerah sekitar mata menjadi hal yang sangat penting. Anda dapat membersihkan area sekitar mata dengan menggunakan sampo bayi yang tidak menimbulkan rasa perih.

Campurkan sampo bayi dengan air, kapas atau kain. Gunakan untuk membersihkan area bintitan atau area kelopak mata. Lakukan pembersihan teratur tak hanya di area mata yang terkena bintitan, tetapi juga pada kedua mata. Hal ini agar kelopak mata yang satu lagi tetap terjaga kebersihannya dan terhindar dari bintitan serta infeksi lain.

Mencuci Muka dengan Air Hangat

Dengan menggunakan air hangat ketika mencuci muka, sumbatan kelenjar yang sering terjadi pada kasus mata bintitan akan terbuka sehingga dapat membantu mengobatinya.

Air Garam

Air garam bisa berfungsi untuk mengatasi infeksi bakteri sehingga dalam kasus bintitan, larutan tersebut bisa digunakan. Cara mengobati mata bintitan dengan air garam sama seperti poin sebelumnya, yakni Anda tinggal mencampur garam secukupnya dengan air. Namun ingat, usahakan air garam ini tidak sampai masuk ke mata karena bisa bikin mata perih.

Kompres Hangat

Tindakan ini dapat membantu membuka saluran kelenjar pada kelopak mata yang tersumbat. Kompres hangat bisa dibuat dengan menggunakan kapas kosmetik yang direndam dalam air hangat. Kemudian peras kompres, lalu tempelkan pada kelopak mata dengan kondisi mata tertutup.

Lakukan kompres pada mata sebanyak empat kali sehari selama 5-10 menit. Apabila kapas sudah tak hangat lagi, rendam kembali di dalam air hangat.

Hindari Penggunaan Make Up di Sekitar Mata

Ketika mengalami bintitan, disarankan untuk menghentikan sejenak penggunaan make up, khususnya di daerah sekitar mata. Ini dilakukan untuk mencegah perburukan kondisi bintitan yang dialami. Jika memang harus menggunakan make up di sekitar mata, sebaiknya bersihkan dengan baik.

Menggunakan Salep Mata

Jika sudah mendapatkan penanganan medis, dokter biasanya akan memberikan salep mata yang mengandung antibiotik. Namun, obat ini tidak dapat dibeli bebas, sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter yang menangani.

Minum Obat Antinyeri

Reaksi radang ketika mengalami bintitan sering kali disertai dengan nyeri. Anda dapat mengonsumsi obat antinyeri untuk mengatasi mata bintitan. Salah satu obat yang dapat Anda konsumsi adalah obat yang mengandung paracetamol. Namun, perhatikan apakah Anda punya riwayat alergi obat sebelumnya atau tidak.

Jangan Memencet Mata Bintitan

Selain beberapa cara di atas, untuk mengobati mata bintitan, Anda disarankan untuk tidak memencet benjolan. Bintitan dapat mengeluarkan nanah, yang justru akan memperburuk peradangan.

Populer video

Berita lainnya