Sering di Depan Layar Laptop? Penting Gunakan Kacamata Anti Radiasi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Celebrithink.com – Seiring pesatnya perkembangan teknologi, banyak yang kerap menghabiskan waktunya di depan layar laptop atau gadget. Ya, sudah tidak dipungkiri, teknologi saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat.

Dampaknya, kesehatan matan pun rentan bermasalah lantaran kebiasaan ini. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan kacamat anti radiasi

Ya, radiasi sinar UV matahari dan sinar biru dari gadget (blue light), misalnya layar komputer atau laptop, bisa merusak jaringan dan struktur mata, termasuk kornea dan lensa mata. Melansir laman alodokter, berikut ini manfaat kacamata anti radiasi secara umum.

Mencegah kerusakan mata

Manfaat utama dari penggunaan kacamata anti radiasi adalah melindungi mata dari bahaya akibat paparan sinar UV berlebihan, seperti kerusakan retina, degenerasi makula, katarak, kanker mata, dan pterygium pada mata.

Selain itu, kacamata anti radiasi juga bisa meningkatkan kemampuan penglihatan dan mencegah munculnya rasa silau atau ketidaknyamanan pada mata saat Anda beraktivitas di bawah terik matahari.

Meringankan mata lelah dan mata kering

Gejala mata lelah dan mata kering kerap dirasakan bila seseorang telah melihat layar gadget terlalu lama.

Biasanya, mata lelah dan mata kering kerap dialami oleh pekerja karena menatap layar komputer berjam-jam. Selain itu, kondisi ini juga bisa terjadi pada orang yang terlalu lama terpapar sinar matahari, khususnya ketika matahari sedang terik.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa penggunaan kacamata anti radiasi dapat membantu mencegah dan meringankan gejala mata lelah dan mata kering, serta ketegangan mata akibat radiasi sinar biru dan sinar UV.

Meningkatkan kualitas tidur

Paparan sinar biru yang berlebihan bisa membuat produksi hormon melatonin di dalam tubuh terganggu. Hal ini bisa mengganggu siklus bangun dan tidur alami tubuh (irama sirkadian), sehingga Anda bisa merasa sering mengantuk di siang hari dan susah tidur di malam hari (insomnia).

Nah, untuk mencegah dampak buruk paparan sinar biru tersebut, Anda bisa menggunakan kacamata anti radiasi. Kacamata ini bisa menghalau sinar biru yang masuk ke mata dan membuat hormon melatonin tetap diproduksi dengan lancar.

Dengan demikian, waktu dan kualitas tidur Anda pun akan terjaga, meskipun Anda sering menatap layar gadget saat bekerja.

Populer video

Berita lainnya