Terlalu Sering Hair Smoothing? Ini Bahayanya bagi Rambut

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Hair Smoothing
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Hair smoothing menjadi salah satu cara bagi sebagian wanita yang memiliki rambut keriting dan sulit diatur. Hair smoothing adalah perawatan rambut menggunakan bahan kimia untuk membuat helaian rambut lurus dan terasa halus. Proses ini mengatasi rambut kusut dan kering.

Meski mempercantik tampilan rambut, hair smoothing juga bisa merusak rambut. Kondisi itu dikarenakan penggunaan zat kimia saat proses hair smoothing. Ketika proses hair smoothing yang bisa berlangsung sekitar 3-4 jam, saat itulah rambut bisa mengalami beberapa bentuk trauma. Melansir laman klikdokter, berikut ini sederet bahaya hair smoothing bagi rambut jika dilakukan terlalu sering.

Rambut Kehilangan Tekstur Alami

Hair smoothing atau rebonding memang bisa menjadi pilihan tepat untuk membuat rambut terlihat rapi dan mudah diatur. Namun, jika dilakukan terlalu sering, treatment ini cukup berbahaya bagi rambut. Sebab, ikatan disulfida (disulfide bond) dan asam amino di helai rambut akan rusak, lalu terikat kembali demi membentuk struktur rambut baru. Akibat proses ini, tekstur alami rambut bisa hilang.

Rambut Rontok

Masalah yang paling sering dialami akibat hair smoothing adalah kerontokan rambut. Hal ini karena rambut terpapar bahan kimia dan panas dari alat yang digunakan saat proses pelurusan.

Bahan kimia dan suhu panas tersebut dapat menyebabkan folikel rambut menjadi lemah dan rambut terlepas dari akarnya. Dalam kasus yang parah, kerontokan rambut bisa tidak terkendali. Setelah hair smoothing, helai rambut akan kehilangan kekuatan alaminya dan mulai patah.

Ujung Rambut Bercabang

Efek samping hair smoothing membuat rambut kering dan ujungnya bercabang. Ini terjadi lagi-lagi karena paparan alat bersuhu panas. Ujung rambut yang bercabang bukan hanya merusak helai rambut, tetapi juga melemahkan folikel rambut.

Rambut Kering

Hair smoothing memang menjadi solusi bagi pemilik rambut ikal dan keriting agar rambut mudah diatur. Namun, proses ini juga membuat rambut kehilangan kelembapan alaminya, sehingga berujung pada kondisi kering.

Masalah Ketombe dan Kulit Kepala Gatal

Dampak buruk hair smoothing lainnya adalah munculnya ketombe. Ketombe bisa muncul karena penumpukan sisa bahan kimia hair smoothing di kulit kepala. Ketombe pada gilirannya dapat menyebabkan berbagai masalah lain, seperti peradangan kulit kepala, rambut berminyak, dan kulit kepala gatal.

Populer video

Berita lainnya