Manfaat Face Oil dan Cara Tepat Memakainya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Tepat Memakai Face Oil
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain rajin membersihkan wajah, banyak orang yang melengkapi rutinitas perawatan kulit dengan face oil. Ya, face oil adalah produk berbahan dasar minyak bertujuan mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Fungsi utama penggunaan minyak pada kulit wajah yaitu mengunci kelembapan dan memberikan nutrisi penting pada kulit. Bahkan, beberapa jenis facial oil membantu melapisi serum yang digunakan dan bisa dijadikan sebagai bahan dasar untuk riasan.

Namun sebelum mengoleskan minyak ke kulit wajah, penting untuk berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu. Hal ini bertujuan memudahkan anda memilih jenis face oil yang sesuai dengan tipe kulit. Nah, selayaknya produk skincare pada umumnya, face oil juga menawarkan beragam manfaat yang baik bagi kesehatan kulit seperti dilansir dari laman helloSEHAT berikut ini.

Memaksimalkan hasil produk skincare lainnya

Salah satu manfaat face oil yang sayang dilewatkan yakni mengoptimalkan fungsi produk perawatan kulit lainnya. Sebagai contoh, penggunaan minyak wajah sebelum krim pelembap mendorong penyerapan bahan aktif dari pelembap.

Hal ini memungkinkan kulit mendapatkan manfaat pelembap yang bertahan lebih lama dan mengurangi risiko iritasi kulit. Untuk mencegah munculnya jerawat, cobalah pilih facial oil dengan kandungan minyak argan, tea tree, atau almon.

Melembapkan kulit

Bagi yang memiliki kulit kering, face oil menjadi salah satu produk skincare yang efektif menjaga kelembapan kulit. Ini dikarenakan face oil mengandung minyak yang cukup banyak sehingga mampu melembapkan kulit yang kering dan mudah mengalami dehidrasi.

Permasalahan kulit kering, bersisik, dan kemerahan pun bisa dibantu dengan penggunaan face oil sesuai urutan cara pakainya. Orang dengan kulit berminyak dan sensitif pun masih bisa menggunakan minyak wajah asalkan memilih jenis yang sesuai.

Mencegah keriput

Mencegah keriput merupakan manfaat face oil yang diperoleh berkat kandungan campuran antioksidan di dalamnya, seperti yang terdapat pada minyak biji rosehip. Antioksidan merupakan senyawa yang bisa menangkal dampak dari radikal bebas.

Sementara radikal bebas ini yang bisa memicu kemunculan keriput, bintik hitam, dan tanda-tanda penuaan dini lainnya pada kulit. Itu sebabnya, penggunaan face oil mungkin bisa membantu memperlambat proses penuaan pada kulit.

Mengecilkan pori-pori wajah

Ingin punya pori-pori kulit wajah yang kecil? Face oil dengan ekstrak kacang macadamia, jojoba, dan camelia mungkin bisa menjadi solusinya.

Sejumlah kandungan yang disebutkan ternyata dianggap bisa membantu mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori, sekaligus mengecilkannya. Manfaat face oil ini ternyata berkontribusi juga dalam mencegah kemunculan jerawat.

Meredakan kemerahan

Bila face oil digunakan secara tepat, skincare ini ternyata juga membantu mengatasi kulit yang meradang dan kemerahan akibat jerawat. Sebagai contoh, minyak argan diklaim dapat menyembuhkan iritasi kulit akibat krim retinol.

Cara pakai face oil

Urutan pakai facial oil bisa dibagi menjadi dua kategori, yakni sebelum atau setelah penggunaan pelembap Urutan pakai face oil pun perlu disesuaikan kembali dengan kandungan pada minyak dan pelembap, serta jenis kulit Anda.

  • Cuci muka sebelum memakai face oil.
  • Teteskan 1-2 tetes minyak pada telapak tangan.
  • Gosokkan minyak secara merata pada telapak tangan.
  • Oleskan minyak secara merata ke seluruh wajah dan pijat dengan lembut.
  • Diamkan beberapa menit agar minyak lebih meresap.
  • Lanjutkan dengan pelembap dan produk skincare lainnya.
  • Langkah-langkah di atas bisa berubah tergantung kebutuhan, jenis kulit, dan apakah anda sudah pakai pelembap atau belum.

Populer video

Berita lainnya