Google Rayakan Ulang Tahun ke 23

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Google Ulang Tahun
Foto: Google

Celebrithink.com – Tepat hari ini, Senin 27 Septermber 2021, Google merayakan hari jadinya yang ke 23 tahun. Itu terlihat dari doodle kue ulang tahun ber-topping cokelat yang ditampilkan mesin pencarian tersebut. Menariknya, jika cursor anda letakkan pada gambar, maka kue ulang tahun tersebut akan memperlihatkan wajah tersenyum.

Ya, selama ini mungkin kita hanya mengenal Google sebatas mesin pencarian, tanpa menyadari bagaimana ia bisa terbentuk dan menjadi situs raksasa dewasa ini. Bahkan, kehadiran Google bisa dikatakan mengubah arah internet dan kehidupan jutaan orang.

Awal Lahirnya Google

Google lahir dari proyek penelitian dua mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford, yaitu Larry Page dan Sergey Brin pada awal 1996. Mereka merasa tidak puas atas mesin pencari pada saat itu, apa yang mereka cari hasilnya tidak relevan. Mereka berdua memutuskan untuk mencoba tesis mereka sebagai bagian dari studi, dan menjadi fondasi bagi mesin pencari mereka yaitu Google.

Pada tahun-tahun berikutnya, dua pendiri Google membangun mesin pencari bersama di kamar asrama mereka dan mengembangkan prototipe pertama mereka. Pada tahun 1998, Google Inc. resmi lahir.

Google lahir dari salah pengejaan kata ‘Googol’, Penyebutan itu diambil dari istilah matematika yang berarti angka yang sangat besar, yaitu angka 1 yang diikuti 100 angka 0 atau 10 pangkat 100. Sebagaimana misi yang mereka usung, mengelola informasi di web yang tak terhitung jumlahnya.

Setiap hari, ada miliaran pencarian di Google dalam lebih dari 150 bahasa di seluruh dunia. Meskipun banyak yang telah berubah dari masa-masa awal Google, dari server pertamanya bertempat di lemari yang terbuat dari balok mainan ke servernya yang sekarang ditempatkan di lebih dari 20 pusat data secara global, misinya untuk membuat informasi dunia dapat diakses oleh semua orang tetap sama.

Populer video

Berita lainnya