Menilik Pendarahan Otak yang Dialami Tukul Arwana, Apa Saja Penyebabnya?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tukul Arwana Pendarahan Otak
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kabar kurang mengenakkan datang dari komedian sekaligus presenter Tukul Arwana. Ya, Tukul harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami pendarahan otak. Bahkan informasi terakhir, sang komedian sudah menjalani operasi atas sakit yang dideritanya itu.

Perlu diketahui, pendarahan otak merupakan pendarahan yang terjadi di dalam jaringan otak. Kondisi ini disebabkan oleh pecahnya pembuluh arteri di otak, hingga menyebabkan perdarahan lokal di jaringan sekitarnya dan matinya sel-sel otak. Perdarahan otak sendiri merupakan kondisi medis serius yang perlu segera mendapat pemeriksaan dan penanganan dokter.

Lantas apa sih yang menjadi faktor terjadinya pendarahan di otak? Dilansir dari laman alodokter, berikut ini beberapa penyebab pendarahan otak:

Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi yang tidak dikelola dengan baik akan melemahkan dinding pembuluh darah, termasuk pembuluh darah otak. Lama kelamaan penyakit ini berpotensi menimbulkan stroke perdarahan (stroke hemoragik).

Cedera kepala

Cedera di kepala bisa disebabkan oleh kecelakaan atau terjatuh. Kecelakaan lalu lintas, terjatuh dari ketinggian, dan cedera kepala akibat olahraga juga merupakan penyebab perdarahan otak yang sering terjadi.

Kelainan pembuluh darah

Kondisi yang bisa terjadi pada saat lahir ini dapat membuat dinding pembuluh darah di sekitar dan bagian dalam otak menjadi lemah. Kelainan ini disebut malformasi arteri vena. Penderita gangguan ini tidak selalu mengeluhkan adanya gejala, namun seketika pembuluh darah dapat pecah dan menimbulkan kondisi yang berbahaya.

Gangguan pembekuan darah

Menurunnya trombosit juga dapat menyebabkan perdarahan otak. Anemia sel sabit (kondisi di mana sel darah merah berbentuk abnormal), hemofilia (tubuh kekurangan protein untuk pembekuan darah), hingga mengonsumsi obat pengencer darah dapat berkontribusi dalam hal ini.

Pembengkakan pembuluh darah

Aneurisma menyebabkan melemahnya pembuluh darah, yang kemudian dapat pecah dan menimbulkan perdarahan di dalam otak. Kondisi ini dapat menyebabkan stroke.

Populer video

Berita lainnya