Cara Mengatasi Stres Setelah di-PHK

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Stres di PHK
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tak sedikit yang terdampak karena situasi pandemi COVID-19. Bukan hanya pada sektor kesehatan, wabah ini juga membuat banyak orang mengalami pemutusan hubungan kerja alias PHK. Tak pelak, kondisi itu membuat seseorang rentan mengalami stres karena harus mencari pekerjaan demi mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kehidupan yang layak.

Ironisnua, peluang untuk mendapatkan pekerjaan baru pun menjadi lebih sulit, mengingat banyak perusahaan yang mengalami penurunan dari segi pemasukkan. Nah, jika tidak segera ditangani, stres akibat PHK bisa memicu timbulnya masalah mental seperti depresi.

Terkena PHK mungkin bisa membuatmu merasakan berbagai emosi negatif, seperti sedih, kecewa, marah, hingga merasa tidak berdaya dalam hidup. Agar bisa bangkit dari masa sulit, anda bisa mencoba beberapa cara mengatasi stres setelah PHK seperti dilansir dari laman alodokter.

Atur keuangan dengan baik

Masalah keuangan bisa menjadi salah satu faktor yang membuat anda stres setelah di-PHK. Oleh sebab itu, anda perlu membuat anggaran keuangan yang baru. Karena pendatanmu tengah berkurang, maka kurangi berbagai pengeluaran yang tidak penting.

Selain itu, bila anda punya tagihan bulanan, seperti kartu kredit, anda kuga bisa menjelaskan situasi keuanganmu saat ini kepada pihak bank atau penyedia jasa kartu kredit. Dengan begitu, mereka mungkin bisa memberi kelonggaran waktu terkait pembayaran tagihan bulananmu.

Jadwalkan waktu untuk mencari pekerjaan baru

Mencari pekerjaan yang baru memang penting, tapi jangan lakukan hal tersebut secara berlebihan karena justru bisa membuatmu menjadi lebih stres. Sebaiknya jadwalkanlah waktu, misalnya 3 jam setiap harinya, untuk mencari peluang pekerjaan baru, memperbarui resume atau CV, dan membuat surat lamaran pekerjaan.

Ingat, jika anda memang belum siap untuk mencari pekerjaan baru, janganlah memaksakan diri. Sebab, stres yang belum terkontrol setelah di-PHK bisa saja menganggu performa dan rasa percaya diri sehingga anda mungkin bisa lebih sulit untuk mendapat pekerjaan baru.

Lakukan kegiatan yang positif

Anda bisa mengisi waktu luang dengan melakukan berbagai kegiatan positif yang disukai. Misalnya dengan membaca buku, menulis jurnal, menonton film, melukis, atau meditasi. Selain itu, anda juga bisa mengikuti berbagai webinar gratis untuk menambah skill baru yang mungkin akan berguna untuk pekerjaanmu selanjutnya.

Terapkan pola hidup sehat

Untuk menjaga kesehatan fisik dan mental setelah di-PHK, anda juga perlu menerapkan pola hidup yang sehat, yakni dengan konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, istirahat yang cukup dan jangan lupa juga untuk berolahraga secara teratur.

Olahraga bisa membantumu mengelola stres dengan cara menstimulasi produksi hormon endorfin, yakni hormon penghilang stres dan rasa sakit alami.

Jaga komunikasi dengan orang-orang terdekat

Setelah terkena PHK anda mungkin merasa ingin menyendiri karena kurang percaya diri, malu, atau menyalahkan diri sendiri. Namun, ingatlah bahwa anda bukanlah satu-satunya orang yang mengalami hal ini. Banyak juga orang yang mengalami PHK dan mungkin merasakan keluh kesah yang sama.

Agar tidak semakin stres dan merasa kesepian, anda perlu tetap berinteraksi dengan orang di sekitar seperti keluarga atau mungkin teman kerjamu sebelumnya. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan orang lain dan mencari lowongan pekerjaan baru.

Populer video

Berita lainnya