Selain Lezat dan Mudah Diolah, Ini Segudang Manfaat Ikan Laut

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Ikan Laut
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain lezat dan mudah diolah, ikan laut mengandung berbagai gizi protein, vitamin D dan asam lemak omega-3. Bahkan, ikan laut dikenal sebagai makanan tinggi protein yang berguna untuk pertumbuhan anak. Disamping itu, ada ada banyak manfaat lain yang bisa didapat dari makanan ini. Seperti dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini beberapa manfaatnya.

Membantu menurunkan risiko penyakit jantung

Ikan laut kaya akan lemak yang sebagian besar merupakan omega-3 yang baik bagi jantung. Ya, omega-3 bekerja menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat, serta meningkatkan kolesterol baik. Lemak ini juga mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah, mengurangi peradangan, dan menjaga detak jantung teratur.

Bahkan berbagai studi telah menunjukkan bahwa orang yang rutin makan ikan laut berisiko lebih rendah untuk terkena stroke dan penyakit jantung.

Mendukung pertumbuhan janin

Omega-3 pada ikan laut punya manfaat untuk ibu hamil. Omega-3, khususnya dalam bentuk asam dokosaheksaenoat (DHA), diperlukan untuk pertumbuhan otak dan mata janin. Lemak ini juga berperan dalam menentukan lamanya masa kehamilan. Oleh karenanya ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi sedikitnya 200 miligram DHA setiap hari.

Menjaga kesehatan otak

Seiring bertambahnya usia, fungsi otak akan menurun dan risiko penyakit Alzheimer kian meningkat. Akan tetapi, penelitian menunjukkan bahwa orang yang banyak makan ikan laut cenderung lebih lambat mengalami penurunan kemampuan otak.

Menurut sebuah penelitian dalam American Journal of Preventive Medicine, orang yang makan ikan laut seminggu sekali juga mempunyai lebih banyak materi abu-abu (gray matter). Ini merupakan bagian otak yang mengatur fungsi ingatan dan emosi.

Menjaga kesehatan mata

Manfaat lain dari ikan laut yaitu melindungi mata dari kerusakan terkait pertambahan usia. Semakin tua, risiko Anda terkena degenerasi makula semakin meningkat. Jika tidak dicegah dan ditangani, penyakit mata ini dapat menyebabkan kebutaan.

Kabar baiknya, konsumsi ikan laut seminggu sekali terbukti dapat menurunkan risiko degenerasi makula pada wanita. Tidak tanggung-tanggung, risiko penyakit ini bahkan menurun sebesar 42 – 53%.

Tidur lebih nyenyak

Kesulitan tidur bisa terjadi akibat kekurangan vitamin D, dan ikan laut merupakan sumber vitamin D yang baik. Sebuah penelitian pada 95 pria paruh baya menemukan bahwa konsumsi salmon tiga kali seminggu bisa meningkatkan kualitas tidur. Para peneliti menduga bahwa manfaat ini berasal dari kandungan vitamin D yang tinggi pada ikan laut.

Berpotensi mencegah dan mengatasi depresi

Menurut sebuah penelitian pada 2014, orang-orang yang rutin makan ikan laut berisiko lebih rendah untuk terkena depresi. Studi lainnya juga menunjukkan bahwa omega-3 pada ikan laut dapat meningkatkan keampuhan obat antidepresi.

Omega-3 membantu mengatasi depresi dengan beberapa cara. Misalnya, asam lemak ini bisa menembus membran sel otak dengan mudah, lalu mengurangi peradangan dan berinteraksi dengan zat di dalam otak yang mengatur mood.

Populer video

Berita lainnya