Manfaat Rutin Mandi Malam Bagi Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Rutin Mandi Malam
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin banyak dari anda yang merasa khawatir mandi di malam hari, akan berbahaya bagi kesehatan. Mulai dari memicu masuk angin, hingga Terkena reumatik. Pada kenyataannya, belum ada banyak studi yang membuktikan efek samping dari mandi malam terhadap tubuh. Terutama dalam memicu masuk angin dan rematik.

Justru sudah banyak studi yang membuktikan manfaat mandi malam untuk kesehatan. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini berbagai kebaikan dari rutin mandi malam yang dapat anda rasakan.

Meningkatkan kualitas tidur

Mandi malam termasuk dalam tips memiliki tidur sehat yang dianjurkan oleh National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI) Amerika Serikat.

Mandi malam, terutama dengan memakai air hangat, akan membantu menurunkan suhu tubuh. Penurunan suhu tubuh inilah yang akan membantu anda merasa lebih rileks dan cepat mengantuk. Hal ini juga diteliti dalam sebuah studi dari jurnal Sleep Medicine Reviews, yang menunjukkan bahwa mandi malam hari membantu anda terlelap lebih cepat dan pulas.

Sementara bagi anda yang sering susah tidur karena nyeri otot dan pegal-pegal setelah seharian beraktivitas, mandi malam bisa menjadi solusi yang tepat. Suhu air hangat saat mandi akan membantu mengistirahatkan otot-otot tubuh yang tegang dan kaku, sehingga tidur anda akan jauh lebih nyenyak.

Mengurangi stres

Stres adalah salah satu pengganggu tidur di malam hari. Setelah seharian menjalani aktivitas yang padat, pikiran anda mungkin lebih rentan dilanda stres sehingga tidur pun menjadi terganggu.

Sementara mandi di malam hari akan merangsang produksi senyawa endorfin dan noradrenalin di dalam tubuh. Kedua senyawa tersebut dapat memberikan efek yang serupa dengan obat antidepresan, sehingga anda akan merasa lebih rileks dan tenang.

Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian dari Journal of Biological and Medical Rhythm Research mengungkap pengaruh mandi malam dengan air hangat pada lansia.

Ternyata, mandi air hangat selama 11-15 menit sebelum tidur membantu menurunkan tekanan darah sebanyak 16 mm Hg. Bagaimana jika anda rutin menjalani kebiasaan mandi malam dengan air hangat setiap hari. Tentunya akan ada peningkatan pada kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Baik untuk kesehatan kulit

Beraktivitas di siang hari, terlebih jika dilakukan di luar ruangan akan membuat kulit lebih mudah berkeringat dan berminyak. Jika anda memiliki jadwal yang padat dan tidak sempat mandi sore, anda bisa melakukannya di malam hari.

Penumpukan keringat, minyak, dan sel-sel kulit mati tentunya akan berpengaruh pada kebersihan diri. Tentunya, jika membiarkan kulit anda kotor saat tidur, berisiko menyebabkan bau badan, iritasi kulit, bahkan alergi.

Dengan mandi malam anda akan merasakan kulit yang lebih bersih dan bebas dari tumpukkan kotoran, terutama jika memakai sabun mandi antiseptik. Bahkan tidur pun akan lebih nyenyak karena tubuh anda sudah dalam kondisi bersih dan wangi.

Populer video

Berita lainnya