Mengenal Olahraga yang Cocok untuk Remaja Perempuan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Olahraga untuk Remaja Perempuan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Olahraga penting dilakukan secara rutin bagi siapa saja, tak terkecuali remaja perempuan. Pasalnya, selain untuk kebugaran fisik, aktivitas ini juga menjaga kesehatan mental.

Remaja yang rutin berolahraga diketahui memiliki risiko pebih kecil terkena kanker payudara di kemudian hari. Bahkan olahraga juga membantu melewati masa-masa sulit ketika remaja. Lantas olaraga apa saja yang bisa menjadi pilihan bagi remaja perempuan? Dilansir dari laman klikdokter, berikut ini ulasannya.

Renang

Renang merupakan olahraga yang cocok untuk remaja perempuan. Sebab, olahraga ini efektif membakar lemak dan mendukung pembentukkan tubuh perempuan.

Manfaat yang bisa dirasakan remaja perempuan dengan olahraga renang meliputi kekuatan dan kebugaran tubuh, otot lebih kencang, hingga berat badan ideal. Selain itu, renang juga bermanfaat untuk menguatkan jantung.

Jogging

Jogging termasuk jenis olahraga yang cocok untuk remaja perempuan. Pasalnya, jogging bermanfaat untukembakar kalori, sehingga mendapatkan berat badan yang ideal.

Manfaat di atas bisa dirasakan jika jogging dibarengi dengan penerapan gaya hidup sehat serta pola makan yang seimbang.

Plank

Gerakan plank nyaris menyerupai push up. Bedanya, plank menggunakan lengan bawah sebagai tumpuan. Manfaat plank untuk anak perempuan menurut yakni dapat mengencangkan otot sekitar perut, dada, maupun belakang pinggul.

Senam

Senam bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas otot, membangun kekuatan, mengoptimalkan koordinasi tubuh, dan baik untuk kesehatan tulang.

Selain itu, senam juga bermanfaat untuk meningkatkan fokus dan disiplin. Hal ini penting, mengingat banyak anak perempuan yang kesulitan menghadapi masa remaja.

Yoga

Jenis olahraga relaksasi ini bermanfaat untuk melatih fleksibilitas dan keseimbangan, juga terbukti mampu meredakan stres.

Beberapa penelitian mengungkap bahwa yoga dapat menurunkan kadar kortisol atau hormon stres di dalam tubuh. Olahraga ini juga terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur.

Seperti diketahui, Kualitas tidur yang baik adalah salah satu kunci untuk mencegah stres berlebih, obesitas, dan risiko gangguan kesehatan lainnya.

Voli

Voli bagi remaja perempuan bermanfaat untuk membakar kalori, meningkatkan kekuatan otot dan tulang, melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh, serta mengoptimalkan metabolisme.

Selain itu, voli juga dapat meningkatkan suasana hati. Pasalnya, selama bermain voli, tubuh akan melepaskan hormon endorfin, zat kimia alami yang diproduksi sistem saraf tubuh untuk mengatasi rasa sakit atau stres. Bagi anak perempuan yang kerap galau menghadapi masa remaja, voli bisa menjadi pilihan aktivitas yang positif.

Populer video

Berita lainnya