Begini Langkah-Langkah Melembapkan Kulit Wajah yang Baik

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Melembapkan Kulit Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Udara dingin atau sering terpapar AC secara langsung sering kali membuat wajah terasa kering, kasar, kusam, atau berkerak. Apalagi jika kulit anda tergolong kulit kering. Itu sebabnya penting mengetahui cara melembapkan kulit wajah, agar wajah tidak terlihat kusam dan kering.

Salah satu cara melembapkan kulit wajah adalah dengan menggunakan moisturizer alias pelembap wajah, yang bertindak sebagai pelindung yang menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan sehat, memperbaiki kulit kering, melindungi kulit sensitif, serta memperbaiki warna dan tekstur kulit.

Sebagai catata, perlu diingat untuk tidak mengoleskan pelembap terlalu banyak atau terlalu sedikit. Sebab, Jika terlalu banyak, kulit akan terlihat mengkilap dan terasa berat, menyebabkan jerawat, dan membuat anda kesulitan mengaplikasikan make up.

Sedangkan jika terlalu sedikit, kulit akan merasa kencang, kering, berkerak, pecah-pecah, dan terlihat kusam. Apabila menggunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit, sejumput saja sudah cukup untuk dioleskan ke seluruh wajah. Lantas bagaimana cara melembapkan kulit wajah yang baik? Berikut langkah-langkahnya seperti dilansir dari laman alodokter.

Cuci wajah

Bersihkan kulit dengan air bersih dan sabun wajah untuk membersihkan dan menghapus riasan, kotoran, serta keringat yang menumpuk.

Segera mengoleskan pelembap

Oleskan pelembap segera setelah wajah dibasuh dan masih lembap, baik berupa krim malam maupun pagi, selama tidak lebih dari 2-3 menit setelah wajah dicuci. Pada kondisi ini, pelembap akan terserap kulit dengan lebih baik dan dapat membantu mengunci air pada kulit.

Menjaga kebersihan tangan

Usapkan sejumput pelembap ke pipi, dahi, dagu, dan hidung dengan tangan dan jari yang bersih. Ini berguna untuk mencegah masuknya kotoran dan bakteri, serta penyumbatan pori-pori.

Memijat wajah

Pijat wajah agar pelembap rata dan terserap sempurna di kulit.

Hindari langsung menggunakan make up

Tunggu selama paling sedikit 2 menit agar pelembap kering dan terserap kulit, sebelum mengaplikasikan make up.

Lindungi wajah dari sinar matahari

Paparan sinar matahari langsung dalam jangka panjang dapat membuat kulit kusam, kering, dan keriput. Karena itu, penting untuk menggunakan tabir surya dan cari tempat berlindung untuk menghindari paparan sinar matahari langsung saat beraktivitas di luar rumah.

Hindari mandi air panas

Mandi air panas terlalu sering dan lama ternyata tidak baik untuk kulit wajah. Suhu panas dapat merusak kulit wajah sehingga membuat kulit tampak kering dan kusam. Batasi waktu mandi hingga 10 menit dan pilihlah sabun yang tidak mengiritasi kulit.

Gaya hidup sehat

Tak hanya penting untuk mencegah penyakit, gaya hidup sehat juga memiliki manfaat baik untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit. Hindari rokok, minuman beralkohol, cukup tidur, konsumsi asupan bergizi dan air putih, serta mengurangi stres adalah beberapa langkah penting sebagai cara melembapkan kulit wajah alami.

Populer video

Berita lainnya