Toge Dapat Meningkatkan Kesuburan, Mitos atau Fakta?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Toge
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain memiliki rasa yang lezat dan bisa diolah menjadi beragam masakan, toge juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh berkat kandungan gizinya yang cukup lengkap. Namun yang menarik, banyak masyarakat yang percaya toge dapat meningkatkan kesuburan, sehingga memperbesar peluang terjadinya kehamilan. Pertanyaannya, apa toge benar-benar mampu meningkatkan kesuburan?

Toge diketahui baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan, mengontrol kadar gula darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Dilansir dari laman alodokter, toge menyimpan serat, antioksidan, dan beragam nutrisi penting, seperti protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K, dan folat, mineral, seperti magnesium, mangan, kalium, fosfor, kalsium, selenium, zinc, dan zat besi.

Penelitian telah membuktikan bahwa makanan yang mengandung antioksidan tinggi dapat meningkatkan kesuburan bagi pria maupun wanita. Sebab, antioksidan dapat menghalau efek radikal bebas di dalam tubuh yang dapat mengurangi kualitas spema dan sel telur. Sementara nutrisi lain yang terkandung dalam toge, seperti folat, zinc, selenium, vitamin B, dan magnesium, juga diketahui baik untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

Dilihat dari kandungan nutrisinya, toge memang memiliki potensi untuk meningkatkan kesuburan. Namun sayangnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang secara spesifik membuktikan kebenaran manfaat toge tersebut. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk hanya mengandalkan toge sebagai penambah kesuburan. Diperlukan juga mengonsumsi makanan bergizi seimbang lainnya, seperti buah dan sayuran.

Alih-alih mengandalkan toge, anda dan pasanga bisa menerapkan cara meningkatkan kesuburan seperti di bawah ini:

  • Konsumsi makanan bergizi seimbang yang terdiri dari buah, sayuran, ikan, telur, susu, daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
  • Rutin berolahraga.
  • Cukupi waktu istirahat, yaitu dengan tidur selama 7–9 jam setiap malam.
  • Kelola stres dengan baik.
  • Hindari makanan yang mengganggu sistem reproduksi, seperti makanan cepat saji, ikan tinggi merkuri, serta makanan tinggi lemak jenuh dan gula.
  • Batasi konsumsi kafein.
  • Hentikan kebiasaan yang kurang sehat, seperti merokok dan minum minuman beralkohol.
  • Konsumsi vitamin prenatal.
  • Jangan lupa juga untuk melakukan hubungan seks secara teratur, terutama ketika kamu atau pasanganmu sedang berada di masa subur.

Jangan lupa juga untuk melakukan hubungan seks secara teratur, terutama ketika kamu atau pasanganmu sedang berada di masa subur. Di samping itu, kalian juga dianjurkan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin sebelum memulai program hamil.

Populer video

Berita lainnya