Mengenal Gejala Moon Face dan Penyebabnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Moon Face
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Moon face merupakan suatu kondisi penyakit yang dianggap mirip pipi chubby, sehingga wajah terlihat lebih bulat. Dalam istilah medis, moon face dikenal dengan sebutan moon facies. Ketika memiliki moon face, bentuk wajah akan berubah secara bertahap dan menjadi bulat sepenuhnya.

Meski dapat mengubah bentuk wajah, kondisi ini biasanya tidak menyebabkan gejala tambahan dan tidak terlalu berbahaya. Pemicunya pun beragama. Bisa karena obesitas, reaksi alergi, selulitis dan lain sebagainya. Dilansir dari laman klikdokter, berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya moon face.

Penggunaan Obat Steroid

Penggunaan obat steroid prednison menjadi salah satu penyebab moon face yang umum. Prednison diresepkan untuk membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Obat ini akan diberikan jika pernah menjalani transplantasi organ atau telah didiagnosis lupus, kanker, asma, radang sendi, anemia, dan sebagainya.

Obat prednison dapat menimbulkan beberapa efek samping. Contohnya, penambahan berat badan, perubahan suasana hati, dan moon face. Hal ini dikarenakan penggunaan prednison jangka panjang memengaruhi kelenjar adrenal dan produksi hormon tubuh.

Obat prednison bukan satu-satunya steroid yang dapat menyebabkan moon face. Beberapa obat lainnya seperti deksametason, kortison, dan metilprednisolon juga bisa memicu moon face.

Sindrom Cushing

Sindrom Cushing terjadi saat tubuh memproduksi atau menerima terlalu banyak hormon kortisol. Kondisi ini terjadi karena penggunaan obat steroid yang berkepanjangan. Gejala sindrom Cushing dapat meliputi moon face, penambahan berat badan, perubahan suasana hati, dan tekanan darah tinggi.

Hipotiroidisme

Ketika seseorang menderita hipotiroidisme, tiroidnya tidak menghasilkan cukup hormon yang dibutuhkan. Hipotiroidisme memiliki beberapa penyebab, di antaranya gangguan autoimun, terapi radiasi untuk kanker, dan pengangkatan kelenjar tiroid. Gejala hipotiroidisme dapat meliputi moon face, berat badan bertambah, depresi, dan nyeri sendi.

Populer video

Berita lainnya